Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar

Farihin Muhamad
0

Halo semuanya, kali ini kita masih membicarakan materi seputar Guru Merdeka Belajar, ya tepatnya kita akan mengupas apa saja kuncu untuk mengembangkan Guru pada tatanan Merdeka Belajar. Jadi pada dasarnya pencapaian cita-cita guru, oleh dirinya sendiri dengan dukungan dari pemangku kepentingan lain dalam ekosistem pendidikan, hanya akan tercapai apabila guru merdeka belajar memiliki empat kunci, yaitu :

1. Kemerdekaan

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan menentukan tujuan, cara dan refleksi belajar untuk terus menerus melakukan pengembangan diri, seperti: terlibat dalam menetapkan target kinerja sekolah dan guru, memilih pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, dan melakukan refleksi berkala terhadap capaian dan proses mencapai target.

2. Kompetensi

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan mengembangkan kompetensinya sehingga siap menghadapi tantangan pengajaran sesuai bidang studi, murid yang diajar dan relevan dengan konteksnya, seperti kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, kesempatan melakukan proyek percobaan, kesempatan mendapatkan umpan balik berkualitas dan kesempatan menilai kompetensinya.

3. Kolaborasi

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan melakukan kolaborasi dengan guru dan komunitas untuk menghasilkan karya atau mencapai tujuan bersama, seperti: kesempatan berinteraksi ke sekolah lain, kesempatan terlibat di komunitas yang relevan dan kesempatan melakukan proyek bersama.

4. Karier

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan untuk mengenali, memilih, merencanakan dan mengembangkan karier sesuai potensi dan aspirasinya dengan tetap mengajar di kelas, seperti kesempatan berkarya, kesempatan mengenalkan karya melalui presentasi, pameran atau di web/aplikasi dan mendapat umpan balik terhadap karyanya.

Nah teman-teman, dengan menekankan pada empat kunci pengembangan tersebut maka profesi guru akan menjadi sebuah profesi yang memiliki jenjang dan sama seperti profesi lainnya.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)