Cara Reset Factory Setting Laptop Acer E 14

Farihin Muhamad
17
Setelah sebelumnya saya share tentang Cara Install Windows di Acer Aspire One 14 Z1401, kali ini saya akan share tentang cara mereset sistem operasi pada laptop Acer E 14. Yang perlu dicatat disini adalah produk Acer sekarang rata-rata sudah dibundling dengan paket sistem operasi sehingga status sistem operasi yang digunakan adalah LEGAL, akan tetapi saat kita install ulang maka sistem operasi kita tidak akan legal lagi (dengan catatan OS yg kita gunakan hasil donlot sembarangan dll), nah untuk mengakali hal tersebut maka sekarang ini ada fasilitas Factory Reset dalam laptop acer, jadi kita tidak perlu install ulang untuk mendapatkan fresh OS.

Nah langsung saja ini dia caranya:
1. Silahkan Restart atau nyalakan laptop acer anda, lalu pada saat mulai booting tekan tombol Alt + F10. Maka laptop akan mulai melakukan boot factory setting.

2. Tampilan seperti gambar di bawah ini akan muncul, lalu  klik Troubleshoot.

3. Lalu tampilan seperti gambar di bawah ini akan muncul, silahkan klik Reset Your PC. Catatan: jika anda tidak menginginkan penginstalan OS seperti bawaan pabrik maka anda boleh memilih refresh your pc, hal ini akan membuat laptop anda hanya akan membooting pada keadaan OS sedang bagus dan file-file drive C anda tidak akan hilang.

4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik Next untuk melanjutkan. Catatan: silahkan baca notifikasi apa yg akan terjadi saat anda mereset laptop anda.

5. Langkah berikutnya anda akan ditanya apakah anda ingin menghapus semua drive ataukah hanya drive system (C) saja. Saya pilih untuk menghapus/memformat drive C saja.

6.

7.

8.

9. Setelah proses resetting diatas selesai (sampai 100%) maka laptop anda akan restart dan akan memasuki tahapan input informasi laptop (mengisi computer name, username/account, password, memilih jaringan wi-fi jika ada dll)

10. Setelah proses ke-9 selesai maka anda akan masuk/log on ke OS anda (ada yg harus melakukan restart dulu ada juga yang langsung bisa masuk).

11. Catatan yg paling penting, dengan melakukan resetting ini anda tidak harus melakukan aktifasi OS ulang, untuk melihatnya silahkan klik kanan di start menu lalu pilih system.


Sekian postingan hari ini, semoga bermanfaa. Jika ada pertanyaan silahkan komen di kolom komentar di bawah ini.
Tags:

Post a Comment

17Comments

  1. Pake kombinasi Alt+F10 gak bakal bisa gan. Caranya restart windows sambil tekan dan tahan tombol SHIFT maka akan muncul menu seperti gbr no.2

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya gak bisa masuk ke menu reset gan .kayak mana solusi nya gan

      Delete
  2. Cara ini bisa gkk buat ngatasin lupa password/akun administrator yg kehapus ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya untuk melakukan semua perintah recovery pada menu troubleshoot user harus memasukan password jika akun yang digunakan menggunakan password, jadi jika passord tidak diketahui maka proses recovery sepertinya tidak bisa dilanjutkan.
      Coba cari windows password remover.

      Delete
  3. Nanya ya....aku udah coba alt+f10 koq ga mau ya. Ada cara lain kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. muslikhJune 11, 2016 at 9:45 AM
      Pake kombinasi Alt+F10 gak bakal bisa gan. Caranya restart windows sambil tekan dan tahan tombol SHIFT maka akan muncul menu seperti gbr no.2.
      Biasakan baca dulu baru koment

      Delete
  4. stlah itu disuruh insert windows instalation or recovery media to continue? gimana cara nya?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Sepayah-payahnya admin, postingannya anda kunjungi juga lol

      Delete
  6. Kalau microsoft word, excel, power point itu kehapus juga gak ?

    ReplyDelete
  7. Saya coba alt f10 beluumm bisa dan saya coba shift alt f10 juga belum bisa masihh ada cara lain?

    ReplyDelete
  8. Thanks gan, sangat membantu saran anda maap pemula hehe

    ReplyDelete
  9. pencetnya bersamaan apa gantian broo ppunyaku kok tetap aja

    ReplyDelete
Post a Comment