Download Contoh Soal Excel - Bagian 3 (Pivot table, Sort & Filter, Count)

Farihin Muhamad
0
Pada bagian ketiga seri Download Contoh Soal Excel ini saya akan share mengenai Pivot table, Sort & Filter, Count, ketiga elemen/materi excel ini menurut saya termasuk kedalam elemen esensial yang harus dikuasai didalam excel, sebelum kamu mendownload contoh soalnya sebaiknya untuk lebih jelasnya mari kita bahas dulu satu persaru elemen ini. 

1. Pivot table merupakan tabel yang dibuat untuk menjadi tabel ringkasan, ringkasan disini artinya tabel yang dibuat (pivot table) merupakan bentuk dari tabel yang sudah mengaplikasikan beberapa fungsi didalam excel seperti grouping & sortir, sehingga hasilnya tabel menjadi lebih ringkas dan lebih efektif jika akan dijadikan bahan laporan secara umum/general.

2. Sort & filter, sebelumnya telah disinggung fungsi sort namun untuk lebih jelasnya mari kita bahas keduanya. Sortir merupakan fungsi yang digunakan untuk untuk mengatur susunan data pada tabel baik itu secara Ascending (dari kecil ke besar) atau Descending (dari besar ke kecil), setiap kolom pada tabel bisa dijadikan kriteria untuk mengurutkan data pada table dan kriteria yang digunakan bisa lebih dari satu kriteria. Sedangkan filter merupakan fungsi yang digunakan untuk mengeliminasi data-data yang tidak dikehendaki atau dengan kata lain memunculkan data yang dikehendaki, sama seperti sort, filter ini juga menggunakan kriteria untuk menentukan data yang ingin dimunculkan atau dihilangkan, sebagai catatan data yang difilter akan disembunyikan dan tidak dihapus, itulah kenapa data hasil filter akan berkurang sesuai dengan kritereia yang ditentukan.

3. Count, count ini merupakan fungsi tersimpel dari ketiga fungsi yang kita bahas di postingan ini. Count sendiri merupakan fungsi yang digunakan untuk menghitung jumlah data. Namun banyak sekali yang terlupa bahwa fungsi Count ini ada variasinya, nah dalam soal nanti akan diperlihatkan bentuknya.

Silahkan klik LINK INI untuk mendownload filenya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga postingan ini bermanfaat.

NOTE: Password = farihinmuhamad.blogspot.com

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)