Pilihlah satu jawaban, yang benar dengan
memberi tanda silang pada huruf a, b, c, d, atau e!
1. Tujuan penilaian
pembelajaran adalah……..
a. Untuk mengetahui
prestasi peserta didik.
b. Untuk mengambil
nilai peserta didik.
c. Untuk mengetahui
kemajuan belajar dan umpan balik peserta didik.
d. Untuk menyeleksi
peserta didik.
2. Penilaian hasil
belajar didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.Hal ini
termasuk prinsip :
a. Beracuan
kreteria..
b. Akuntabel. .
c. Sistematis.
d. Terpadu.
3. Penilaian
penempatan bertujuan untuk mengetahui apakah peserta didik telah memiliki
keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk mengikuti suatu program
pembelajaran sampai sejauh mana peserta didik menguasai kompetensi dasar, pada
umumnya penilaian penempatan dibuat sebagai :
a. Postest.
b. Tes proses.
c. Prates (pretest)
d. Tes akhir.
4. Fungsi penilaian
hasil belajar adalah untuk :
a. Efektifitas dan
efisiensi pembelajaran.
b. Bahan pertimbangan
dalam menentukan kenaikan level. .
c. Bimbingan dan
penyuluhan.
d. Diagnostik
kesulitan belajar
5. Alat ukur berupa
yang berbentuk pertanyaan atau latihan yang dipergunakan untuk mengukur
kemampuan seseorang disebut :
a. Ujian.
b. Pelatihan
c. Tes
d. Evaluasi.
6. Tes lisan : (oral
test), tes tertulis (written test) dan tes tindakan atau perbuatan (performance
test), adalah termasuk :
a. Jenis tes
berdasarkan alat pelaksanaannya..
b. Jenis tes
berdasarkan tujuan tes
c. Bentuk Tes.
d. Ciri-ciri tes.
7. Suatu tes dapat
dikatakan memiliki validitas yang tinggi apabila : :…
a. Dapat mengukur
daya ingat
b. Betul-betul dapat
mengukur hasil belajar.
c. Dapat mengukur
kemampuan bahasa.
d. Dapat mengukur
pemahaman.
8. Fungsi kisi-kisi
dalam pembuatan soal adalah …..
a. Sebagai acuan
membuat soal.
b. Untuk meratakan
materi
c. Untuk meratakan
soal.
d. Sebagai pedoman
bagi pendidik untuk membuat so’al menjadi tes.
9. Yang perlu
diperhatikan dalam pelaksanaan penilaian yaitu ……
a. Suasana dan
kondisi tempat tes diadakan.
b. Peserta didik.
c. Tempat tes dan
perangkat tes.
d. Pengawas..
10. Mengapa perlu
monitoring pelaksanaan penilaian ?
a. Untuk relevansi
alat tes.
b. Meningkatkan
efisiensi pelaksanaan penilaian.
c. Agar sesuai
rencana.
d. Untuk menghindari
hal-hal yang tidak diinginkan.
Kunci Jawaban:
1. C
2. A
3. C
4. B
5. C
6. A
7. B
8. D
9. A
10. B
LIHAT CONTOH TRY OUT LAINNYA:
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Penilaian Hasil Belajar
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Komunikasi Efektif
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Teknik Pembelajaran
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Media Pembelajaran
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Metode Pembelajaran
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Konsep Pembelajaran
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Administrasi Pembelajaran
Post a Comment