KOMUNIKASI EFEKTIF
Pilihlah
jawaban yang paling benar dalam soal latihan di bawah ini :
1. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh
seorang komunikator adalah …
a. Komunikator harus
bisa memberikan umpan balik
b. Komunikator harus
memperhatikan dengan siapa dia berkomunikasi
c. Komunikator
bertanggungjawab untuk dapat mengerti isi pesan
d. Komunikator harus
memastikan bahwa pesan telah diterima
2. Salah satu jenis komunikasi non verbal
yaitu ….
a. Nasehat
b. Ekspresi wajah
c. Hadiah
d. Media
3. Manfaat komunikasi efektif bagi pendidik
adalah ….
a. Pendidik memahami
teori unsur-unsur dan jenis-jenis komunikasi efektif dalam dunia pendidikan
b. Pendidik mampu
menerapkan metode komunikasi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran
c. Pendidik mampu
mengantisipasi dan mengatasi hambatan komunikasi, baik yang berasal dari
peserta didik
d. Pendidik dapat
menyampaikan gagasan atau pemikiran kepada orang lain dengan jelas
4. Pemahaman atas ekspresi wajah dan bahasa
tubuh akan membantu komunikator untuk….
a. menciptakani
hubungan yang harmonis antara pengajar dengan peserta belajar.
b. menjaga
keselarasan kode verbal dalam pesan dengan kode nonverbal agar terjadi
komunikasi efektif
c. mendukung penuh
proses komunikasi misalnya pencahayaan, kenyamanan ruang dan sebagainya
d. menilai apakah
pesan yang disampaikan jelas dan sesuai dengan kurikulum
5. Komunikasi dalam pembelajaran dikatakan
efektif jika…
a. pihak yang
berkomunikasi menguasai ketrampilan komunikasi antar pribadi
b. mampu mendukung
penuh proses komunikasi misalnya pencahayaan, kenyamanan ruang dan sebagainya
c. mampu mendukung
penggunaan media
d. mampu mempengaruhi,
membujuk, dan mengajak
6. Membawa peserta didik kepada pengenalan
pertama terhadap materi pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan diskusi,
kegiatan peserta didik atau review oleh pendidik. Hal ini sebagai salah satu
jenis variasi penyajian informasi …
a. Penyajian dasar (basic)
b. Penyajian
pelengkap (supplementary)
c. Penyajian langsung
(direct)
d. Penyajian
pengayaan (enrichment)
7. Suatu komunikasi non verbal dengan
tersenyum ketika sedang marah adalah bentuk… ............
a. ekpresi wajah
b. metakomunikasi
c. bahasa tubuh
d. sentuhan
8. Upaya untuk menemukan faktor-faktor
penyebab atau yang melatar belakangi timbulnya masalah peserta didik
a. Follow up
b. Diagnosis
c. Prognosis
d. Identifkasi
9. Dalam konteks belajar mengajar
Komunikator dan komunikan kursus dan pelatihan adalah :
a. Guru - peserta
didik
b. Instruktur –
pengelola lkp
c. Instruktur –
peserta didik
d. Guru – Administrator
10. Dalam memberikan perintah hendaknya
seorang instruktur memperhatikan bahasa tubuh yang tidak ambigu. Contohnya
adalah ......
a. Menjalin kontak
mata dengan peserta didik
b. Memberikan
perintah dengan serius dengan mimik muka biasa
c. Memberikan
penjelasan panjang lebar sebelum memberikan perintah
d. Berupaya berpenampilan yang
tegap di depan kelas
Kunci Jawaban:
1. B
2. B
3. D
4. A
5. D
6. A
7. B
8. B
9. C
10. B
LIHAT CONTOH TRY OUT LAINNYA:
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Penilaian Hasil Belajar
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Komunikasi Efektif
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Teknik Pembelajaran
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Media Pembelajaran
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Metode Pembelajaran
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Konsep Pembelajaran
- Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Administrasi Pembelajaran
Post a Comment