Contoh Soal / Try Out Uji Kompetensi Instruktur - Materi Komunikasi Efektif

KOMUNIKASI EFEKTIF

Pilihlah jawaban yang paling benar dalam soal latihan di bawah ini :

1. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang komunikator adalah …

a. Komunikator harus bisa memberikan umpan balik

b. Komunikator harus memperhatikan dengan siapa dia berkomunikasi

c. Komunikator bertanggungjawab untuk dapat mengerti isi pesan

d. Komunikator harus memastikan bahwa pesan telah diterima

 

2. Salah satu jenis komunikasi non verbal yaitu ….

a. Nasehat

b. Ekspresi wajah

c. Hadiah

d. Media

 

3. Manfaat komunikasi efektif bagi pendidik adalah ….

a. Pendidik memahami teori unsur-unsur dan jenis-jenis komunikasi efektif dalam dunia pendidikan

b. Pendidik mampu menerapkan metode komunikasi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran

c. Pendidik mampu mengantisipasi dan mengatasi hambatan komunikasi, baik yang berasal dari peserta didik

d. Pendidik dapat menyampaikan gagasan atau pemikiran kepada orang lain dengan jelas

 

4. Pemahaman atas ekspresi wajah dan bahasa tubuh akan membantu komunikator untuk….

a. menciptakani hubungan yang harmonis antara pengajar dengan peserta belajar.

b. menjaga keselarasan kode verbal dalam pesan dengan kode nonverbal agar terjadi komunikasi efektif

c. mendukung penuh proses komunikasi misalnya pencahayaan, kenyamanan ruang dan sebagainya

d. menilai apakah pesan yang disampaikan jelas dan sesuai dengan kurikulum

 

5. Komunikasi dalam pembelajaran dikatakan efektif jika…

a. pihak yang berkomunikasi menguasai ketrampilan komunikasi antar pribadi

b. mampu mendukung penuh proses komunikasi misalnya pencahayaan, kenyamanan ruang dan sebagainya

c. mampu mendukung penggunaan media

d. mampu mempengaruhi, membujuk, dan mengajak

 

6. Membawa peserta didik kepada pengenalan pertama terhadap materi pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan diskusi, kegiatan peserta didik atau review oleh pendidik. Hal ini sebagai salah satu jenis variasi penyajian informasi …

a. Penyajian dasar (basic)

b. Penyajian pelengkap (supplementary)

c. Penyajian langsung (direct)

d. Penyajian pengayaan (enrichment)

 

7. Suatu komunikasi non verbal dengan tersenyum ketika sedang marah adalah bentuk… ............

a. ekpresi wajah

b. metakomunikasi

c. bahasa tubuh

d. sentuhan

 

8. Upaya untuk menemukan faktor-faktor penyebab atau yang melatar belakangi timbulnya masalah peserta didik

a. Follow up

b. Diagnosis

c. Prognosis

d. Identifkasi

 

9. Dalam konteks belajar mengajar Komunikator dan komunikan kursus dan pelatihan adalah :

a. Guru - peserta didik

b. Instruktur – pengelola lkp

c. Instruktur – peserta didik

d. Guru – Administrator

 

10. Dalam memberikan perintah hendaknya seorang instruktur memperhatikan bahasa tubuh yang tidak ambigu. Contohnya adalah ......

a. Menjalin kontak mata dengan peserta didik

b. Memberikan perintah dengan serius dengan mimik muka biasa

c. Memberikan penjelasan panjang lebar sebelum memberikan perintah

d. Berupaya berpenampilan yang tegap di depan kelas


Kunci Jawaban:

1. B

2. B

3. D

4. A

5. D

6. A

7. B

8. B

9. C

10. B


LIHAT CONTOH TRY OUT LAINNYA:

Post a Comment

Previous Post Next Post