Cara Mengatasi Laptop atau Komputer Tidak Hidup atau Tidak Menyala Setelah Di Restart (Blank Screen Display)

Assalamualaikum semuanya, hari ini saya akan share salah satu cara untuk Mengatasi Laptop atau Komputer Tidak Hidup atau Tidak Menyala Setelah Di Restart, kebetulan cara ini sudah saya lakukan pada sebuah permasalahan yang terjadi pada laptop milik kerabat saya dengan tipe Lenovo Ideapad 110-14ISK dan sistem operasinya Windows 10, jadi tanpa panjang lebar lagi mari kita bahas hal ini.

Pertama-tama mari kita bahas dulu permasalahan yang terjadi pada laptop milik kerabat saya ini adalah saat direstart laptop tidak akan mau booting bahkan sama sekali tidak muncul tampilan logo awal sehingga jangankan untuk booting sistem operasi untuk masuk kedalam BIOS pun tidak bisa karena sama sekali tidak ada tampilan yang muncul di layar, namun lampu led indikator menyala, hal ini juga terjadi jika laptop masuk ke dalam state sleep (laptop sleep karena tidak digunakan beberapa saat). Namun jika laptop dimatikan (untuk mematikannya tekan terus tombol power hingga dan didiamkan beberapa saat (2-3 jam) maka laptop dapat dinyalakan kembali dengan normal (os bisa dibooting hingga masuk kedalam OS). Dan permasalahan tidak muncul jika laptop dimatikan seperti biasa (di shutdown), permasalahan akan muncul jik laptop di restart ataupun sleep.

Baiklah sekarang mari kita bahas penyelesaiannya:

  1. Jadi langkah awal yang saya ambil adalah menginstallkan software CCleaner (software ini gratis dan sizenya tidak terlalu besar) lalu setelahnya saya buka CCLeaner ini dan melakukan pembersihan registry, ini saya lakukan karena saya curiga ada ketidak seimbangan pada sistem operasi yang menyebabkan proses booting terhambat dan salah satu yang beerpengaruh kan registry dan ternyata memang setelah di scan di CCleaner ada banyak registry entry yang dikategorikan tidak baik dan tentunya saya fix all menggunakan CCleaner.
  2. Langkah kedua (masih dalam aplikasi CCleaner) adalah saya melakukan disable startup aplikasi yang menurut saya tidak penting karena saya juga curiga ada start up aplikasi yang mengganggu proses booting dan benar saja disana ada beberapa daftar startup yang selalu akan dijalankan saat sistem operasi dimulai (dibooting) oleh karena itu saya disablekan seluruh entry start up tersebut.
  3. Langkah ketiga, saya matikan opsi Fast Booting pada Control Panel, caranya silahkan masuk kedalam control panel dan masuk kedalam Power Options (pathnya: Control Panel\Hardware and Sound\Power Options) lalu klik pada pilihan Choose what the power button do, lalu cari tulisan Turn on fast startup (recommended) dan hilangkan ceklis dari pilihan tersebut, lalu klik tombol Save changes. 

Demikianlah Cara Mengatasi Laptop atau Komputer Tidak Hidup atau Tidak Menyala Setelah Di Restart (Blank Screen Display) semoga dapat membantu rekan-rekan semua, termakasih sudah berkunjung dan wassalamualaikum.

Post a Comment

Previous Post Next Post