Cara Konfigurasi/Pengaturan FTP Server menggunakan VSFTPD, FileZilla, WinSCP di Ubuntu 20.04

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, FTP sendiri merupakan sebuah protokol untuk melakukan transfer file antar komputer yang berada didalam sebuah jaringan (komputer client dan server). Jika sebuah server sudah memberikan layanan FTP Server maka client dapat melakukan Download dan juga Upload file dengan layanan yang diberikan oleh server. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk melakukan konfigurasi FTP Server di Ubuntu 20.04.

 

1.  Buka terminal lalu masuk sebagai super user.

hackrative@hackrative-vm:~$ sudo su

 

2.  Untuk keperluan akses internet maka silahkan atur agar IP kalian menjadi DHCP (langkahnya ada pada modul sebelumnya, jika belum paham silahkan dilihat lagi), setelah itu lanjut ke langkah nomor 3.

 

3.  Instalkan aplikasi VSFTPD (Very Secure FTP Daemon) ke ubuntu, namun jangan lupa jika belum melakukan update maka lakukan update terlebih dahulu (sekarang saya tidak lakukan update karena langkah tersebut sudah dilakukan di konfigurasi OpenSSH sebelumnya.

hackrative@hackrative-vm:~$ apt-get install vsftpd

 

4.  Setelah melakukan instalasi vsftpd jangan lupa untuk kembali men-STATIC kan IP Address kalian.

 

5.  Setelah VSFTPD diinstal, sekarang kita akan melakukan sedikit editing pada file vsftpd.conf, namun seperti biasa kita duplikasi dulu file tersebut agar kita memiliki back up.

hackrative@hackrative-vm:~$ cp /etc/vsftpd.conf /etc/vsftpd.conf.asli

hackrative@hackrative-vm:~$ nano /etc/vsftpd.conf

 

Pada file vsftpd.conf cari baris yang bertuliskan #write_enable=YES dan jika ada tanda # didepannya maka hapus tanda pagar tersebut. Lalu simpan perubahan dengan meneken tombol CTRL dan X, ketikan Y lalu tekan ENTER.

 

6.  Sekarang lakukan Restart pada service dari VSFTPD.

hackrative@hackrative-vm:~$ systemctl restart vsftpd

 

7.  Sekarang pada sistem operasi Windows download dan instalkan aplikasi FileZilla.



Catatan:

·         Untuk Log in harap diperhatikan IP Address, Username, dan password, dan pastikan juga koneksi antara Windows dan Ubuntu aktif. Untuk aplikasinya boleh menggunakan salah satu saja dan tidak perlu keduanya digunakan.

·         Untuk menggunakan FileZilla dan WinSCP sebagai tools untuk transfer (copy-paste) file maka kita bisa melakukannya dengan cara drag and drop dari tampilan sebelah kiri adalah Windows dan tampilan sebelah kanannya adalah Ubuntu.

Post a Comment

Previous Post Next Post