Solusi Mengatasi Lightroom Hang Freeze Saat Menekan Tombol Import

Beberapa waktu yang lalu saat saya sedang mengotak-atik Adobe Lightroom saya mengalami hang/freeze saat melakukan import file, hal ini terjadi tepat setelah saya menginstalkan preset yang saya dapat secara gratis dari sini. Entah apa kesalahan atau error nya, namun setiap kali saya menekan tombol Import setelah itu seketika kursor berubah menjadi icon wait (lingkarang berputar) dan saat saya coba klik di lightroom hang nya makin menjadi dan tampilan aplikasi menjadi abu-abu mirip dengan sebuah aplikasi yang not responding. Setelah itu seperti biasa jika mengalami kendala maka pertolongan pertama adalah searching solusi di google, ada beberapa postingan di forum yang masalahnya kurang lebih sama namun penyelesaiannya cukup berbeda.

Jadi sekarang saya akan coba menguraikan langkah-langkah yang saya ambil dalam menyelesaikan permasalahan ini:
1. Saya uninstall kembali preset yang baru saja saya pasangkan, namun setelah diuninstall (bahkan saya restart komputer) masalahnya masih tetap ada.
2. Saya reset pengaturan Lightroom dengan cara menekan tombol CTRL dan ALT lalu klik icon Lightroom yang ada di start menu, namun setelah pengaturan direset ke awal dengan cara ini pun masalahnya masih belum terselesaikan (dari langkah ini juga saya sudah restart lagi komputer). 
3. Saya menggunakan hp untuk teathering internet yang menggunakan sambungan kabel usb, karena saya sudah putus asa sebenarnya jadi saya akhiri teathering internet dan saya cabut kabel usb yang tertancap ke komputer dan ajaibnya sekarang Lightroom tidak lagi hang saat di klik tombol import, dari sini saya berkesimpulan mungkin Lightroom mencoba untuk me-load seluruh media penyimpanan (hdd, flash disk, external hdd, bahkan hp) jadi Lightroom hang saat mencoba untuk meload data yang ada pada handphone saya (karena biasanya saat transfer file dari atau ke hp pun sering terjadi freeze/hang seperti ini).

Saya tidak henti mengingatkan bahwa : Jika langkah-langkah yang ada dalam postingan ini belum dapat menyelesaikan permasalahan kamu, mohon jangan berkecil hati, putus asa, apalagi malah jadi marah-marah. Ingat, satu gejala yang sama belum tentu menunjukan akar permasalahan yang sama, begitu juga dengan cara penyelesaiannya yang mungkin berbeda. Yang saya sampaikan disini hanya salah satu cara diantara banyak cara yang mungkin ada. Jadi jika belum berhasil coba untuk lakukan analisis terlebih dahulu terhadap permasalahan yang sedang terjadi pada kamu.

Nah demikianlah sekilas pembahasa mengenai Solusi Mengatasi Lightroom Hang Freeze Saat Menekan Tombol Import, kalau kamu tertarik dengan hal-hal seputar dunia informatika ada bebearapa postingan lagi di blog ini yang bisa kamu baca dan insyaalloh informasinya bermanfaat buat kamu, jadi silahkan dieksplor ya.

Sekian postingan kali ini, terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post