Cara Mengatasi "The realtek network controller was not found. If deep sleep mode is enabled Please Plug the Cable"

Farihin Muhamad
9

Ada yang pernah mengalami error seperti judul artikel diatas? Error ini gejalanya LAN Card tidak terdeteksi di Device Manager, walaupun berulangkali diinstall ulang driver lan card nya pun device tidak kunjung muncul di list device manager. Kalau yang sedang mengalami dan belum mendapatkan jawaban atas permasalahan tersebut semoga artikel ini membantu.

Sebelum ke penyelesaian masalah saya mau cerita dulu, jadi hari kemarin itu saya niatnya mau bikin boot ke 2 menggunakan windows 7 x64 di laptop saya (yang sebelumnya sudah ada windows 8.1nya). Tanpa pikir panjang saya langsung install sampai selesai, dan setelahnya saya instalkan driver pack (karena cd driver bawaan hanya untuk win 8 ke atas), proses instalasi driverpun selesai semua cuma yang membuat saya terheran-heran kenapa icon lan card tidak muncul di taskbar saya cek menggunakan kabel pun hasilnya nihil tidak ada icon yang muncul apalagi koneksi.

Setelahnya saya berinisiatif untuk mendownload drivernya secara terpisah (siapa tau stok driver DPC tidak memuat driver yang dibutuhkan laptop saya), singkat cerita driverpun sudah saya download lalu saya install driver tersebut dan muncullah error: "The realtek network controller was not found. If deep sleep mode is enabled Please Plug the Cable" dari sinilah proses kebingungan saya dimulai, berulang-ulang saya install dan uninstall juga membersihkan registry hasilnya masih sama.

Muncul fikiran "ah ini pasti cuma karena win 7 nya, pasti kalau boot ke OS pertama gak apa-apa", lalu saya restart laptop saya dan alangkah terkejutnya saya keti melihat lan card di win 8.1 ikut raib, kepanikan saya mulai menjadi, saya kembali boot ke win 7 dan jurus andalan pun akhirnya dikeluarkan (untungnya hanya LAN Card saja yang hilang, Wireless Card masih terdeteksi dengan baik) tidak lain dan tidak bukan bergoogling ria, tibalah saya pada hasil searching video ini:
Tanpa pikir panjang saya pun melakukan apa yang dicontohkan video diatas, namun bukan keberhasilan yang saya dapatkan, melainkan win 7 saya malah menjadi blue screeen. Kepanikan semakin memuncak disini, tapi mau bagaimana lagi itu lah salah satu resiko jika mengikuti tutorial internet.

Laptop saya hidupkan ulang dan OS win 7 sudah tidak bisa dibooting lagi (pasti karena blue screen sebelumnya), mau tidak mau saya mencoba untuk install ulang lagi kali ini menggunakan win 8 (ini sekalian uji coba jika memang win 7 yang jadi penyebab hilangnya lan card, siapa tau dengan diganti OS lan card bisa kembali lagi. Singkat cerita lagi, saya selesai proses installasi yang ke dua (win 8) setelah install driver permasalahan masih belum terselesaikan, dan saya melanjutkan pencarian solusi di google, hingga saya sampai di suatu forum berikut ini.

Setelah saya melakukan salah satu cara yang di sarankan pada formun tersebut akhirnya LAN Card laptop saya kembali, Alhamdulillah. Jadi caranya seperti ini:
1. Lepas charger dari laptop.
2. Lepas baterai dari laptop.
3. Biarkan laptot dalam keadaan tanpa daya (listrik) selama kurang lebih 10-20 menit. Saya membiarkannya sekitar 20 menitan.
4. Setelah didiamkan pada step no 3, pasang kembali baterai.
5. Nyalakan laptop anda.
6. Saat pertama menyalakan laptop, saya mendapati tampilan/notifikasi tentangg LAN Card terlebih dahulu, setelah itu baru dilanjutkan proses booting OS.
7. Dan setelah masuk OS icon LAN Card kembali seperti sedia kala.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Ada pertanyaan (kalau bisa dan sempat pasti saya jawab), atau ada tanggapan lain? silahkan tulis di kkolom komentar di bawah ini. Terimakasih.
Tags:

Post a Comment

9Comments

  1. kalo di pc/komputer gimana bang ?
    apa mesti cabut kabel listrik juga... kompi saya juga mengalami hal yg sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh komputer saya juga sama, gmn cara y bang.

      Delete
    2. Udah ada cara lum agan2? Pc ane jg sama sprti itu..

      Delete
  2. ane coba ya gan....dah dari td pagi ane kutak kutik nih..mdh2an berhasil,,,,

    ReplyDelete
  3. kagakk bisaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..gaann...

    ReplyDelete
  4. mantap gan jadi bener laptop gua wkwk

    ReplyDelete
  5. MAKASIH GANN PC sya UDAH BERES..dan sekarang tidak bingung2 lagi menghadapi masalah seperti itu... makasih banyak gaan

    ReplyDelete
  6. Awal mau coba agak ragu, tetapi jalanin aja deh sambil main HP...
    Saya diamkan 20 menit lebih matiinnya (bener-bener ga ada listrik/dicabut semua) dan TADAAA! BERHASIL DONGG!! Ga nyangka, udah coba cara install/uninstall driver tapi malah cara ini yang berhasil. Terima kasih bang!

    ReplyDelete
Post a Comment