Cara Membuat Video Slow Motion di Adobe Premiere Pro

Kalau kamu sering lihat video-video cinematic di youtube kamu pasti akan sering melihat video-video yang gerakannya sangat lambat (tidak seperti gerakan biasa/normal), nah video-video tersebut adalah contoh dari slow motion, contoh lainnya mungkin sekarang di tv kamu sering juga lihat iklan provider xl yang taglinenya "jangan mau dibuat lambaaaat" itu lho nah disana juga ada beberapa adegan yang menggunakan slow motion. Jadi pada postingan kali ini saya akan membahas teknis pembuatan slow motion di adobe premiere pro.

Nah untuk membuat video slow motion idealnya footage (bahan video) kamu mempunyai framerate/fps yang tinggi, dulu saya pernah posting mengenai Tips Memilih Frame Rate (fps) Untuk Video Kamera DSLR kamu bisa baca lebih detail disana. Yang paling standar adalah video dengan framerate 60fps, jika ingin lebih smooth lagi maka kamu bisa menggunakan framerate yang 120fps, tapi harus diingat bahwa tidak semua kamera memiliki fitur high framerate tersebut jadi silahkan periksa kamera kamu apakah bisa menggunakan framerate tersebut atau tidak. Jika framerate yang kamu pakai kurang dari standar yang 60fps (atau minimal 50fps) maka secara teori hasil slow motion tidak akan optimal (mungkin terlihat patah-patah), tapi kalau sekarang video kamu hanya memiliki framerate 23,976fps atau 25fps atau 30fps it's ok lah untuk praktek sekarang saja agar kamu bisa mempraktekan langsung pembuatan slow motion ini tapi sekali lagi saya ingatkan bahwa hasilnya mungkin tidak akan optimal.

Versi yang saya pakai adalah Adobe Premiere Pro CC 2018, jika kamu menggunakan versi lain mungkin akan ada sedikit perbedaan tapi saya yakin tidak akan terlalu signifikan. Baiklah sekarang kita langsung saja ke Adobe Premiere Pro, ikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Buat sebuah projek baru.

2. Buat Sequence baru. Disini saya menggunakan pengaturan standar DSLR 23,976fps (atau bisa disebut 24fps saja).

3. Drag footage (video) kamu dari windows explorer kedalam project panel. Lalu drag footage dari project panel ke timeline. Karena video saya memiliki framerate 60fps dan sequence nya diatur 23,976fps maka akan ada warning Clip Mismatch Warning, jika ada warning maka klik pada Keep Existing Setting.

4. Klik kanan pada footage yang ada di timeline, lalu klik Speed/Duration. Pada jendela Clip Speed / Duration ubah speed menjadi 40, lalu klit tombol OK. Sekarang coba jalankan/play timeline kamu maka seharusnya video akan berjalan dengan gerak lambat.

5. Jika sudah melakukan langkah no 1 sampai no 4 maka seharusnya kamu sudah berhasil membuat video slow motion, namun cara diatas adalah cara pertama dan di poin ke-5 ini saya akan bahas cara keduanya. Cara kedua ini dimulai pada langkah no 3, setelah footage didrag ke project panel silahkan klik kanan di footage tersebut lalu klik pilihan Modify lalu klik Interpret Footage (footage masih ada di project panel ya, jangan dulu di drag ke timeline). Setelah itu pada jendela Modify Clip klik pada Assume this frame rate lalu isi valuenya menjadi 23,976, setelah itu klik tombol OK. Setelah itu drag footage dari project panel ke timeline. Nah cara kedua sudah selesai, coba play lagi footage di timeline maka video kamu sudah akan menjadi slowmotion. Cara kedua ini wajib hukumnya untuk footage kamu memiliki frame rate yang tinggi (50fps, 60fps, atau 120fps).

Demikianlah pembahasa mengenai Cara Membuat Video Slow Motion di Adobe Premiere Pro, kalau kamu tertarik dengan hal-hal seputar dunia video dan fotografi ada bebearapa postingan lagi di blog ini yang bisa kamu baca dan insyaalloh informasinya bermanfaat buat kamu, jadi silahkan dieksplor ya.

Sekian postingan kali ini, terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post