Tips Memilih Frame Rate (fps) Untuk Video Kamera DSLR

Farihin Muhamad
0

Belakangan ini saya sedang sedikit mendalami videografi (ciyeeeee), soalnya baru beli dslr baru :-D.
Wokeh lah, sambil masih terus belajar, ini saya dapet postingan menarik dari kaskus mengenai pemilihan frame rate video. Untuk lebih singkatnya saya ringkas sebagai berikut:

Beberapa fram rate yang bisa anda pilih adalah 24, 25, 30, 50, dan 60fps (frame per-second). Untuk beberapa negara dan wilayah ada frame rate yang sudah menjadi patokan atau standar masing-masing. 24fps adalah frame rate yang banyak/umum digunakan, 25fps adalah standar yang dipakai di eropa, 

Makin tinggi frame rate maka makin jelas juga gerakan (motions) yang dihasilkan video, Makin rendah frame rate maka akan semakin terlihat bayangan pada gerakan (motion blur) yang dihasilkan video.

Untuk lebih greget lagi silahkan baca beberapa referensi berikut ini:

saya bantu jawab sesuai pengalaman aja, meskipun masih dangkal pengalamannya hehe...
saya pakai kamera nikon D3200, dan mostly pake 24fps (lebih tepatnya 23.976fps), kenapa saya pake 24 fps? supaya memberikan kesan cinematic look/film look., gampangnya supaya lebih nyeni lah hehehe... 24 fps bisa dibilang standar umum pembuatan film, meskipun yg pake diatas 24 fps juga ada.
Menurut pribadi saya, kalo rekam video pake 60fps (saya belum pernah coba pake 30fps), videonya jadi terlalu halus, jadi ya kayak ngerekam pake handycam aja gitu, meskipun di meja editing bisa diinterpret ke 24 fps juga. Saya kalo rekam pake 60fps itu tujuannya untuk bikin adegan slow motion. Rekam pake 60fps, nanti diturunin 40% (atau 0.4) di editing dan jadi deh video slow motion yang lumayan smooth. kenapa diturunin 40%? karena di render di 24 fps supaya kembali lagi jadi film look. 60fps*40%=24fps
fps yang terbaik itu 60fps? Perlu dijelaskan juga nih 'terbaik' maksudnya dalam hal apa? Kalo pergerakan frame jadi lebih halus memang betul, kalo terbaik dalam arti kualitas gambar, itu tergantung. Di kamera saya 24fps itu 1080p, sementara 60fps itu 720p.

Semoga tercerahkan

cuma mau nambahin biar ts yakin, ane juga sama kalau buat film pasti rata rata pake 24fps, kalau 60fps buat slomo aja emoticon-Hammer (S) ,udah kejawab semua ama agan ini emoticon-Big GrinQuote:

Halo, kayak kata komen di atas, si agan pertamax udh hampir jawab semua emoticon-Big Grin
Cuma mau komen juga, siapa tw bisa nambahin emoticon-Big Grin

1) Kalau saya biasa begini gan;
a. 24fps (23.976) => buat film / kalau hasilnya mau berasa lebih film-ic / cinematic, karena alasan yang sudah dijelaskan oleh agan pertamax; yang mungkin bisa ditambahkan itu SHUTTER SPEED --> Kalau agan mau lebih berasa film, Shutter speednya juga harus diatur, kalau misal pakai DSLR, biasa shutter speed nya 1/50, rumusnya itu (Kata para masta di seantero internet) shutter speed = 1/2xfps
b. 30fps => buat dokumentari / ngerekam pertunjukan acara. Karena dibanding 24fps, pergerakannya lebih mulus gan, jadi lebih berasa asli begitu.
c. 60fps => SLOWMO~ atau dokumentari / show / acara juga bisa. Untuk slowmo, penjelasan sudah diberikan agan pertamax, kalau untuk dokumentari, ya karena ini sangat mulus, jadi berasa asli gan. Kalau sekarang, di youtube udah ada tuh video2 60fps, kalau nonton pasti berasa gan. :
*Ini hanya kebiasaan saya saja. Tidak ada aturannya kok. Sesuai kretifitas agan aja. Cuma yang harus diingat itu bahwa setiap fps itu punya "rasa" yang berbeda-beda, jadi kalau mau shooting, dipikrkan juga mana yang paling cocok untuk keadaan agan. emoticon-Big Grin

2. Saya sih seperti di atas gan, cuma karena seringnya bikin film, jadinya ya 24 / 23.97 fps emoticon-Big Grin

3. Tidak ada yang terbaik gan, sesuai suasana / sesuai keadan aja gan. Sama seperti pasangan hidup gan, tidak ada yang sempurna, adanya yang cocok :P emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace

Semoga bisa membantu ya gan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

fps buat ngalusin animasi di gambar gan ... =) kl jaman tv dl cmn ada NTSC 30fps ato PAL 25fps sekarang karena udah digital jd mo brapa aja bisa gan (tergantung kameranya)


Sumber reverensi informasi: https://www.kaskus.co.id/thread/55b51272642eb66f478b4567/ask-tentang-frame-per-second-fps/
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)