Youtuber Rusia Dituntut Hukuman Penjara Karena Main Pokemon GO di Gereja

Farihin Muhamad
0

This is not provocative or hoax news, berita ini kebetulan baru saya baca hari ini di halaman The Next Web (klik link untuk melihat sumber). Ternyata di Russia, kasus yang berbau agama pun ternyata ada (kalau dibandingkan dengan keadaan yang akhir-akhir ini terjadi di tanah air).

Saya kutip headline-nya "Ruslan Sokolovsky has been sentenced to a three-and-a-half year suspended prison sentence by a court in Yekaterinburg this morning. The YouTuber was found guilty of “inciting hatred” and “offending believers’ feelings.”."

Satu hal yang dapat saya simpulkan dan saya garis bawahi, ternyata jika sudah menyangkut perkara keyakinan (khususnya agama) maka sebaiknya kita hati-hati (baca: sangat sangat berhati-hati) karena hal ini sangatlah sensitif.

Lebih baik menghargai pihak lain dengan cara tidak "mengkonfrontasi" atau halusnya (contoh kecilnya) tidak berselisih pendapat, apa lagi memberikan statemen atau melakukan hal yang kontriversial.

Peribahasa mengatakan "Diam itu emas", ya terkadang untuk menjauhi permasalahan sebaiknya kita diam, namun ada peribahasa lain yang mengatakan "Berbicara yang baik dan benar itu berlian". Baik dan benar pun relatif, satu hal bisa saja menurut si A benar akan tetapi menurut si B salah, disini pun kita harus extra hati-hati. Namun watak manusia memang berbeda satu sama lain, inilah keunikan insan manusia.

Jika anda adalah seorang yang tidak dikenal maka orang akan cenderung mengacuhkan perkataan ataupun perbuatan anda, akan tetapi jika anda adalah orang yang dikenal (apalagi berpengaruh) maka orang akan memperhatikan dan meneliti setiap perkataan dan tingkah laku anda.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)