Cara Mengaratasi Red Screen Blinking

Farihin Muhamad
0
Images from: http://www.techsupportforum.com/forums/f108/solved-lenovo-thinkpad-t510-red-screen-when-turned-on-921626.html

Kalau istilah "Blue Screen" mungkin anda sudah tidak asing lagi, tapi apakah anda pernah mengalami "Red Screen"? Kalau saya terus terang saja baru mengalaminya beberapa hari yang lalu, saat laptop saya hidupkan tiba-tiba layarnya menjadi merah dan berkedip terus menerus mirip saluran televisi yang sedang gangguan (ilustrasinya lihat gambar diatas). Disitu saya agak shock karena khawatir terjadi kerusakan di fleksibel laptop saya dan akhirnya setelah ditunggu beberapa saat tampilan tidak berubah maka saya matikan laptop saya secara paksa (menekan tombol power).

Jadi cerita awal mulanya seperti ini: Kebetulan komputer saya diisi dua OS (dual boot win 8 x32 & 8.1 x64), selama ini os yang selalu saya gunakan adalah yang win 8.1 namun karena ada kebutuhan untuk menginstalkan program maka saya berinisiatif menggunakan yang win 8, sebelum menginstalkan program saya coba menginstall driver dulu (karena sebelumnya driver yang digunakan baru sebatas bawaan OS) menggunakan driever pack versi 17.7 dan hasil scanning driver pack ada 1 driver yang bisa diupdate dan driver tersebut adalah driver VGA, tidak berfikir panjang saya execute update driver dan singkat cerita selesai proses penginstalan. Sampai saat itu belum ada masalah sama sekali bahkan sampai saya selesai menginstall program-program yang saya butuhkan dan di restart pun tidak ada kendala, namun keesokan harinya terjadilah si "Red Screen" ini.

Kecurigaan saya sempat mengarah ke kabel atau fleksibel layar laptop, namun setelah dihidupkan kembali laptop berjalan lancar akan tetapi setelah di restart si "Red Screen" datang lagi. Maka saya asumsikan permasalahan ini pasti disebabkan sesuatu, sebenarnya saya ada feeling kalau penginstallan driver sebelumnya lah yang menjadi penyebabnya namun saya butuh pandangan lain dan saya meminta pandangan tersebut dari google. Google pun memberikan pandangan sama bahwa permasalah terletak pada ketidak cocokan driver dengan perangkat.

Sebagai penyelesaiannya saya roll back driver yang sudah terinstall, caranya buka Device Manager, lalu cari Display adapter, lalu klik tanda + untuk mengekspansi driver apa saja yang terinstall, lalu klik kanan pada driver yang tampil (milik saya adalah Intel HD Graphic 5500), lalu klik Properties, pada jendela properties klik tab Driver dan disana klik pada Rollback Driver dan saya uninstall driver yang terinstall dan hingga saat ini permasalah tidak muncul lagi.

Sekian artikel saat ini, semoga dapat membantu anda.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)