3 Pekerjaan Internet Freelance Untuk Para Mahasiswa

Farihin Muhamad
2

Saat menulis artikel ini pemikiran saya kembali pada waktu dulu saat masih kuliah, jadi ceritanya based on true story ini :-D. Bisa dibayangkan, dalam satu hari jadwal kuliah hanya beberapa jam  saja (mungkin sekitar 2 jam sampai maksimal 4 jam) shingga banyak sekali waktu yang tidak produktif, sebagian besar diisi dengan melamun, ke warnet (kalau dulu lagi seneng download lagu-lagu cadas), dan banyak waktu lain yang lebih banyak digunakan untuk main sana-sini. Boleh jujur sebenarnya dulu ada keinginan (besar malahan) untuk melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan Rp (kerja) untuk mengisi jam-jam kosong ini, namun yang terpikir dulu hanyalah kerja yang sifatnya fisik sehingga pernah terfikir "apa saya ikut jualan saja sama orang" namun hal ini tidak pernah terlaksanakan mungkin karena sifat dasar saya yang sangat pemalu dulunya (dan sekarang pun masih :-D).

Nah diilhami dari sana maka saya tulis artikel ini. Berikut ini saya lampirkan 5 pekerjaan yang bisa dilakukan secara paruh waktu (freelance) dengan bermodalkan internet dan komputer/ laptop/ smartphone.

1. Dropshiper Jual-Beli Online
Sekarang ini sudah jamannya jual-beli online, sudah tersedia banyak platform-nya seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee dll. Namun tidak usah khawatir, anda tidak perlu menyediakan barang jualan anda sendiri untuk dapat menjadi seorang penjual (seller) online, anda bisa menjadi Dropshiper yang artinya anda menjualkan barang orang lain dengan gambar dan spesifikasi barang yang disediakan oleh penjual utama (toko/orang yang anda jualkan barangnya).
Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari penjual (seller) dengan partai besar dan mengajak/meminta untuk menjadi dropshiper-nya. Setelah anda diterima menjadi dropshiper, biasanya anda akan diberikan detail barang, seperti foto dan spesifikasinya. Setelahnya anda tinggal menawarkan/promosi barang-barang tersebut melalui sosmed (Instagram, Twitter, Facebook) atau toko online (seperti yang disebutkan diatas) atau langsung menawarkan pada orang-orang disekitar anda.

2. Blogger & Vlogger
Dahulu blogging sangat digemari dan dijadikan salah satu alat untuk mencari income (ada yang sampingan ada juga yang utama), namun seiring perubahan jaman sekarang vlog (video) lebih digemari dan lebih trend. Sepengetahuan saya boleh dikatakan rate income blog agak kurang jika dibandingkan dengan vlog, bahkan untuk mendapatkan akun untuk pembayaran (ex: adsense) vlog lebih mudah. Dengan hadir dan populernya YouTube maka sekarang banyak sekali orang-orang yang khusus membuat video untuk di-upload di YouTube (entah itu untuk sekedar having fun atau bahkan serius membuat sebuah karya). Dan perijinan pebayaran di-YouTube pun tergolong mudah, persyaratan yang ditentukan tidak terlalu rumit.
Untuk menjadi seorang blogger anda harus banyak-banyak inspirasi untuk menulis, kalau ada materi kuliah dari pada dibuang lebih baik anda posting saja di blog anda. Untuk menjadi vlogger (vlogger asli yang tidak melakukan reupload video orang lain) maka anda harus memiliki skill editing video yang cukup, juga ditambah dengan mimik wajah dan gestur yang ekspresif di depan kamera.

3. Jual-Beli Program/Aplikasi, Jasa desain, Jasa pasang networking
Langkah ke-3 ini saya khususkan untuk mahasiswa informatika. Jika saat masuk kuliah anda sudah ada dasar menjadi seorang pakar informatika baik itu di ranah desain, jaringan, ataupun program maka saat kuliah anda bisa asah sekaligus memanfaatkan bakat anda tersebut.
Upload skill anda sebanyak-banyaknya di media sosial dan kalau perlu promote-kan diri anda niscaya ada orang yang akan membutuhkan anda. Segala sesuatu perlu proses dan sifatnya bertahap begitu juga untuk proses ini anda harus sabar dan tekun, jika nama anda sudah terkenal maka anda akan dicari banyak orang.
Jika anda pernah membuat sebuah program aplikasi, upload kan ke internet secara gratis (source code tetap anda yang pegang), dimana ada orang yang tertarik maka mereka akan menanyakan source code-nya nah disini anda dapat meminta donasi alakadarnya atau anda tentukan nominalnya.

Nah jadi daripada waktu luang anda terbuang percuma, lebih baik satu diantara cara diatas anda gunakan untuk mencoba. Terimakasih, semoga membantu.
Tags:

Post a Comment

2Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
Post a Comment