Cara Memasang Kode Adsense di Artikel atau Postingan Blog

Jika kamu mengunjungi postingan ini berarti akun adsense kamu sudah disetujui atau kamu tengah bersiap-siap mendapatkan akun adsense pertama kamu, untuk itu saya ikut bersuka hati dan mengucapkan selamat sembari kita bersyukur Alhamdulillah. Pada artikel kali ini saya khusus  membahas (mendokumentasikan) tata cara memasang kode adsense di dalam artikel atau didalam postingan, jadi untuk memasang/menampilkan iklan di banner atas atau samping sebenarnya kamu bisa langsung ke menu Layout -> Cari bilah/area yang ingin kamu isi iklan lalu klik Add a Gadget -> jendela baru akan muncul, disana cari gadget AdSense lalu klik tanda tambah (+) -> setelah itu jendela baru akan muncul lagi, diana pilih Format Responsive, Color Blend Template, lalu kamu akan melihat preview iklan, dan jika sudah cocok klik tombol Save.

Nah untuk memasang iklan adsense di artikel postingan sendiri caranya agak berbeda dengan cara diatas, jadi mari kita bahas saja langkah-langkahnya:
1. Buka Dashboard blogger kamu, lalu klik pada menu Theme, lalu klik pada tombol Edit HTML. Setelh itu tampilan layar kamu akan dihiasi oleh kode-kode html & mungkin beberapa kode php, js, dll.

2. Sekarang silahkan cari kode dengan tulisan <data:post.body/> dengan menggunakan find (CTRL + F), dalam tema saya terdapat 3 kode yang sama seperti itu dan saya memodifikasi kode yang terakhir/urutan paling bawah. Setelah kamu menemukan posisi kodenya, sekarang silahkan blok tulisan kode <data:post.body/> tersebut, lalu replace dengan kode ini (silahkan copy-paste):
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
PASTE KODE HASIL CONVERSI (KODE ADSENSE) KAMU DISINI
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>
<!--DATA POST BODY ASLI SATU BARIS INI <data:post.body/> -->
Sampai tahap ini biarkan tampilan halamat editing tema blog seperti ini dulu, kita sekarang lanjut ke tahap berikutnya untuk mengisi bagian PASTE KODE HASIL CONVERSI (KODE ADSENSE) KAMU DISINI.

3. Silahkan buka tab baru di browser kamu dan buka dashboard adsense kamu, lalu klik di menu Ads -> lalu klik Overview -> Lalu klik By ad unit -> lalu klik In-article ads. Kamu akan dibawa ke jendela/tampilan baru seperti pada langkah ketiga.

4. Di halaman ini silahkan klik pada Ad unit name lalu isi dengan nama iklan kamu (namanya bebas boleh apa saja, saya namai dengan CONTOH-IN-ARTICLE-ADS), setelah itu klik SAVE AND GET CODE.


5. Setelah kode iklan kamu Save maka sekarang kamu akan masuk kedalam tampilan ini, disini yang harus kamu lakukan hanya copy kode iklannya saja, agar cepat silahkan langsung saja klik pada COPY CODE SNIPPET. Setelah itu kemali ke halaman editing tema di dashboar blogger.

6. Kode yang didapat pada langkah ke-5 ini belum bisa kita paste langsung di halaman editing tema karena ada beberapa karakter yang harus ditambahkan, tapi agar langkahnya lebih cepat silahkan buka saja situs ini. Disana paste-kan kode adsense kamu, lalu klik CONVERT NOW, setelah itu blok semua kode lalu copy-kan kode tersebut (CTRL + C).

7. Sekarang kembali lagi ke halaman editing tema blogger kamu lalu blok tulisan/kode PASTE KODE HASIL CONVERSI (KODE ADSENSE) KAMU DISINI lalu paste (tekan CTRL + V). Jika sudah silahkan tekan tombol Save Theme berwarna orange yang posisinya ada diatas.

Jika kamu sudah selesai sampai langkah ke-7 dan tidak melewatkan apapun maka dengan ini insyaalloh kamu sudah berhasil untuk Memasang Kode Adsense di Artikel/Postingan Blog kamu. Namun biasanya kode iklan belum akan muncul hingga kita menunggu beberapa saat, biasanya hitungan jam bahkan hari, jadi jika iklan kamu belum muncul dipostingan/artikel maka tunggu dulu beberapa saat.

Sekian postingan kali ini, terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post