Pengertian Inner Join, Full Outer Join, Left Join, Right Join

Syntax join ini digunakan untuk menampilkan data dari gabungan beberapa table (lebih dari 1 tabel). Syarat join untuk table yang dijoinkan adalah harus ada field yang menjadi penghubung (harus sama).
Pennulisan syntax / query join:
SELECT NAMA_FIELD
FROM NAMA_TABEL1
JOIN NAMA_TABEL2
ON NAMA_TABEL1.FIELD_PENGHUBUNG = NAMA_TABEL2.FIELD_PENGHUBUNG

Tipe join kurang lebih ada 4, yaitu :
1. INNER JOIN
Inner join hanya akan menampilkan data yang memenuhi kriteria join, dengan kata lain data yang ditampilkan adalah data yang sama yang terdapat pada kedua table.
Pada contoh table diatas, jika dijoinkan maka hasilnya hanya ada 2 record saja karena data yang sama (dilihat dari penghubung KD_CUSTOMER) hanya CUS01 dan CUS02. Data CUS03 tidak ditampilkan karena tidak ada pada table order.

2. LEFT OUTER JOIN
Left outer join akan menampilkan data yang memenuhi kriteria join, dengan dengan tambahan data pada table sebelah kiri (table 1) yang tidak memenuhi kriteria.
Pada contoh table diatas, jika dijoinkan maka hasilnya ada 3 record sesuai table customer, namun salah satu recordnya akan ada yang bernilai null karena tidak ada data yang sama pada table order.
LEFT atau RIGHT ditentukan pada penulisan syntax ON

3. RIGHT OUTER JOIN
Right outer join akan menampilkan data yang memenuhi kriteria join, dengan dengan tambahan data pada table sebelah kanan (table 1) yang tidak memenuhi kriteria.
Contohnya sama dengan left outer join namun posisi tabelnya kita pindahkan.
LEFT atau RIGHT ditentukan pada penulisan syntax ON

4. FULL OUTER JOIN
Full outer join akan menampilkan seluruh data baik yang memenuhi kriteria join ataupun tidak, kebalikan dari inner join.
Pada contoh table diatas, jika dijoinkan maka hasilnya akan ada 7 record. Semua record di table order dan customer akan ditampilkan.

Nah demikianlah sekilas pembahasa mengenai jenis-jenis join dalam database, kalau kamu tertarik dengan seputar sql server atau database design ada bebearapa postingan lagi di blog ini yang bisa kamu baca dan insyaalloh informasinya bermanfaat buat kamu, jadi silahkan dieksplor ya.

Sekian postingan kali ini, terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post