Cara Mengatasi Preview Adobe Premiere Pro yang Lag/Patah-Patah

Farihin Muhamad
2
Assalamulaiakumwarohmatullohi wabarkatuh. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dianugrahi kesehatan oleh Alloh Subhanahuwata’ala, amin. Kali ini saya akan sharing tentang tata Cara Mengatasi Preview Adobe Premiere Pro yang Lag/Patah-Patah, namun sebelum masuk ke intinya yuk baca dulu certianya bagaimana sampai saya menghadapi kendala ini.
Jadi beberapa waktu yang lalu saat saya melakukan editing time & hyerlapse berjudul Langensari Cinematic (In a blink of an eye) di Adobe Premiere Pro CC 2019 untuk yang pertama kalinya (hasilnya boleh di cek disini) ada sesuatu yang terasa agak janggal karena tidak seperti biasanya preview yang ada pada Premiere Pro terlihat lag, dibandingkan dengan proses editing biasanya yang notabene menurut saya lebih berat/complicated tapi Premiere Pro masih mampu memberikan preview yang lancar, jadi apakah Premiere Pro yang bermasalah? Ataukan komputer saya yang bermasalah? Ataukah ada hal yang belum saya tahu?

Saya pun mencoba mencari jawaban di google dan berharap ada solusinya, namun ternyata kali ini saya belum beruntung untuk mendapatkan solusinya. Akhirnya untuk pembuatan video Langensari Cinematic ini saya kehilangan preview yang sebenarnya bisa sangat-sangat membantu, sehingga untuk melihat hasilnya saya harus merender file (export) untuk meminimalisir hasil yang tidak diinginkan.

Dan barulah (sekitar) 3 hari yang lalu saya mendapatkan jawaban saat saya iseng-iseng edit hyperlapse lagi, usut punya usut ternyata masalahnya ada pada proses render preview yang sebenarnya masalah ini biasanya juga saya alami dan selalu selesai dengan hanya menekan tombol ENTER namun entah mengapa kali ini tombol ENTER malah tidak memberikan hasil yang seperti biasanya. Setelah saya amati lebih lanjut ternyata ada yang berbeda dengan detail tampilan timeline, apa itu? Ada garis berwarna kuning dibagian atas timeline (dekat dengan deret angka waktu), saya langsung suspicious karena biasanya kalau tidak hijau ya paling merah, jadi mungkin inilah penyebabnya preview menjadi lag.

Jadi bagaimana dengan penyelesaiannya? Saya iseng-iseng meng-klik menu Sequence -> Render in and out dan Premiere Pro mulai melakukan render preview (sama seperti menekan tombol ENTER kemarin-kemarin) dan benar saja setelah proses rendering selesai garis yang semula berwarna kuning sekarang berubah menjadi hijau dan preview Premiere Pro kembali lancar.

Kesimpulan yang mungkin bisa saya ambil dari sini adalah garis merah artinya clip belum dirender sama sekali, garis kuning artinya clip belum dirender sepenuhnya, dan garis hijau artinya clip sudah dirender. Dan ini terjadi mungkin karena saya mempunyai pengaturan sequence 23,976fps sedangkan clip yang saya masukan adalah 30fps, setelah saya menyatakan (ada pertanyaan dari Premiere Pro untuk mencocokan clip ke sequence atau sequence ke clip) untuk mencocokan fps clip dengan sequence maka premier belum dapan merender clip dengan hanya menekan tombol ENTER dan harus di Render In and Out.

Jika langkah-langkah yang ada dalam postingan ini belum dapat menyelesaikan permasalahan kamu, mohon jangan berkecil hati, putus asa, apalagi malah jadi marah-marah. Ingat, satu gejala yang sama belum tentu menunjukan akar permasalahan yang sama, begitu juga dengan cara penyelesaiannya yang mungkin berbeda. Yang saya sampaikan disini hanya salah satu cara diantara banyak cara yang mungkin ada.

Demikian postingan kali, semo dapat membantu. Terimakasih telah berkunjung, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Tags:

Post a Comment

2Comments

Post a Comment