Cara Membuat Ribbon Menu (Seperti Office 2007, 2010 & 2013) Di Delphi

Secara default instalasi Delphi 2010 sudah menyertakan menu ribbon, akan tetapi menu ini cukup sulit dioperasikan untuk memanggil form secara langsung. Nah dalam artikel ini, penulis menggunakan komponen tambahan yaitu TMSComponentPack.

Pertama, buatlah sebuah aplikasi/form baru. Setelah itu tambahkan komponen AdvToolBarPager. setelah komponen ditambahkan maka akan terdapat ribbon menu pada form anda.

Secara default akan ada 3 Tab Menu (yaitu: AdvToolBarPager11, AdvToolBarPager12, AdvToolBarPager13). Anda dapat mengganti nama tab tersebut di Properti Caption (dengan tab nya dalam keadaan aktif/terseleksi).

Untuk menambahkan button (sebagai pemanggil form) anda perlu menambah Toolbar terlebih dahulu, dengan cara klik kanan pada tab lalu pilih Add Toolbar.

Setelah anda memiliki Toolbar maka anda dapat menambahkan button pada Ribbon, dengan cara klik kanan pada Toolbar lalu pilih Add Adv Glow Button.

Anda juga dapat memberikan gambar pada Adv Glow Button, dengan mem-browse properti Picture. Nah dengan button ini sekarang anda dapat dengan leluasa memanggil form ataupun frame.

Untuk memberikan/memunculkan Office ORB, anda dapat melakuknnya dengan cara klik kanan pada Tab Pagger lalu pilih Add Application Menu Button.


Sekian saja untuk artikel kali ini, jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post