Cara Melakukan Perhitungan Aritmatika Di Delphi

Mungkin materi ini cukup dasar, tapi bagi yang baru belajar pasti materi ini sangat berguna. Oleh karena itu silahkan menyimak bagi anda yang membutuhkan :-).
Nah kasusnya disini adalah ketika kita mempunyai edit box (yang secara default bernilai STRING) yang notabene selalu kita jadikan kolom input pastinya akan salah kalau kita secara gamblang menggunakan edit box tersebut untuk operasi aritmatika (contoh: editbox1.text + editbox2.text), sebenarnya teknik ini tidak hanya dapat diterapkan pada editbox saja akan tetapi komponen yang lain macam combo box pun bisa.
Ok to the point saja, disini saya membuat sebuah projek, hanya ada satu form dan dilam form tersebut ada 3 edit box dan 1 button.
editbox1 dan editbox2 sebagai kolom inputan, sedangkan editbox3 sebagai media output (menampilkan hasil) dan button1 sebagai validator (tempat saya menyimpan coding perhitungan).

Jadi teknik yang saya gunakan disini adalah menggunakan perintah INTtoSTR dan STRtoINT. Biar saya jelaskan dulu, perintah INTtoSTR ini akan mengkonversi tipe data integer menjadi string sedangkan perintah STRtoINT akan mengkonversi tipe data string menjadi integer.

Telah saya bahas diatas bahwasanya editbox secara default akan bernilai string sehingga jika kita langsung melakukan perhitungan maka Delphi akan merespon error. Sehingga dengan teknik yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya tipe data akan diubah menjadi integer.

Berikut ini adalah contoh penulisan syntax-nya:

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
  edit3.Text:=inttostr(strtoint(edit1.Text)+strtoint(edit2.Text));
end;

Command/syntax diatas ditulis pada component Button1 pada Event OnCLick.

Catatan:
Jika dengan menggunakan INTtoSTR dan STRtoINT Delphi masih merespon error, maka gunakan FloatToSTR ataupun STRtoFloat. Penulis meengasumsikan tipe data INT (Integer) terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung data konversi, itulah mengapa digunakan FLOAT.

Post a Comment

Previous Post Next Post