Company Visit LP3I TASIKMALAYA Ke PT. SANGKURIANG INTERNASIONAL (Bandung)


1.   SEJARAH PT. SANGKURIANG INTERNASIONAL
PT. SANGKURIANG INTERNASIONAL adalah salah satu perusahaan/ IT Consultant tersukses di Indonesia (dilihat dari revenue/pendapatan pertahunnya). Berdirinya PT. Sangkuriang Internasional diawali oleh gagasan beberapa orang (tepatnya 17 orang) mahasiswa ITB (yang sekarang sudah menjadi alumni) yang menyatukan diri dalam sebuah komunitas IT, yang mana tujuan dari komunitas ini adalah berusaha membuat sebuah karya (di bidang IT tentunya). Komunitas ini mulai aktif pada tahun 2006.
Karya pertama komunitas Sangkuriang yang diluncurkan ke ranah publik adalah NUSANTARA ONLINE pada tahun 2007. Nusantasa Online adalah sebuah game online berbasis 3D yang mana game online ini diklaim sebagai game 3D online pertama yang dibuat oleh orang Indonesia. Dari NUSANTARA ONLINE itulah PT. Sangkuriang (pada saat itu masih segera akan menjadi CV) mulai diperbincangkan dan dilirik oleh khalayak ramai baik itu media, komunitas-komunitas IT lain dan juga lembaga pemerintahan. Game ini juga memenangkan Indonesia ICT Awards 2007 serta diikutkan dalam Asia Pacific ICT Awards pada tahun yang sama.
Agar keberadaan komunitas Sangkuriang ini tetap eksis yang tentunya membutuhkan income/pemasukan untuk kegiatan operasioan kerja maka komunias sangkuriang mulai merambah dunia IT Consultant pada tahun 2009, dengan mulai menawarkan berbagai macam produk dan jasa untuk perusahaan-perusahaan, seperti pembuatan Sistem informasi, ERP, dan lain-lain.
Dengan semakin banyaknya client yang ditangani, pada tahun 2010 komunitas sangkuriang mendeklarasikan dirinya sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) dengan menamakan diri PT. Sangkuriang Internasional dan menempatkan gedung di Jl. Sempurna No. 9 Bandung sebagai Head Office. Dengan semakin berkembangnya perushaan maka pada tahun 2012 PT. Sangkuriang Internasional mulai melebarkan sayapnya ke Jakarta dengan membuka marketing & sales office. Hingga tahun 2013 pendapatan PT. Sangkuriang Internasional terus bertambah seperti yang digambarkan pada grafik berikut ini:

Gambar 1. Pendapatan PT. Sangkuriang Internasional

Agar penangan client dapat lebih efisien maka PT. Sangkuriang Internasional mendirikan beberapa subsidiaries/anak perusahaan yang juga berkolaborasi dengan perusahaan lain, antara lain:
1.    PT. Data Aksara Sangkuriang (DAKSA)
Merupakan anak perusahaan dari PT Sangkuriang Internasional, PT Bosowa Kapital, dan PT Data Aksara Matra. Anak perusahaan ini yang bergerak dibidang layanan sistem transaksi keuangan elektronik, serta konsultasi untuk berbagai keperluan perusahaan. Seistem ini banyak diterapkan pada organisasi yang sering melakukan transaksi keuangan dalam jumlah yang besar, seperti perbankan, jasa keuangan, asuransi, ritel, dan grosir.
2.    Sangkuriang Game Studio (SAGADIO)
Divisi ini khusus menangani/mengembangkan game online juga game untuk mobile/smartphone. Beberapa game yang telah diluncurkan antara lain:
-       Master Quiz
-       Koala Bubble Catch
-       Bullseye
-       Burger Biz
-       Gorilost
-       Nusantara Online (NusOl)
-       Another Game Engine Library (AnGEL)
3.    PT Obor Technology International (OBORTECH)
Merupakan anak perusahaan dari PT Sangkuriang Internasional and PT Abyor International. Anak perusahaan ini menyediakan peningkatan solusi ERP untuk pelanggan dengan membangun aplikasi mobilitas perusahaan dan produk software-ERP terkait.
Berikut ini adalah kontrak untuk beberapa perusahaan di Indonesia, di antaranya adalah:
-       Mobile Approval Solution, untuk BOB PT. Bumi Siak Pusako.
-       Pertamina Hulu (perusahaan eksplorasi dan pengeboran Indonesia),
-       Mobile CRM, frontline PT Telkom Indonesia (penyedia telekomunikasi terbesar dan utama di Indonesia).
-       e-Procurement Solusi untuk JOB Pertamina.
-       Medco E&P Tomori Sulawesi (minyak Indonesia dan eksplorasi gas dan perusahaan eksploitasi).
-       Top Dashboard Manajemen PT Perkebunan Nusantara X (perusahaan perkebunan).

2.   RUNDOWN ACARA DI PERUSAHAAN
Pemberangkatan ke PT. Sangkuriang Internasional dilakukan pada pukul 04.00 (tanggal 18 februari 2015) dari kampus LP3I Tasikmalaya. Total peserta yang mengikuti kegiatan Company Visit ini adalah 59 orang mahasiswa jurusan Teknik Informatika senior.
Rombongan tiba di PT. Sangkuriang Internasional pada pukul 09.30, karena jam operasional kantor dimulai pada pukul 10.00 maka rombongan menunggu dulu di ruang tamu dan pelataran sambil beristirahat sejenak. Setelah tepat pukul sepuluh rombongan disambut oleh 2 (dua) orang perwakilan PT. Sangkuriang Internasional, yaitu Bpk. Victor Junaidi (sebagai Chief Finance & HR Officer) dan Bpk. Riza Ramadhan (sebagai Chief Operation Officer), setelahnya rombongan lalu diarahkan untuk menempati ruang meeting.
Sambutan dari Bpk. Victor antara lain: 1). Menyampaikan sekilas tentang PT. Sangkuriang Internasional. 2). Menyampaikan sambutan pada seluruh mahasiswa dan mengharapkan tidak heran dengan keadaan diperusahaan yang pastinya akan sangat berbeda dengan bangku kuliah. 3). Menyampaikan selamat melakukan kegiatan kunjungan perusahaan dan semoga ada manfaat yang dapat diambil dari kegiatan ini.
 Sebagai perwakilan dari mahasiswa dan lembaga, Bpk. Muhamad Farihin memberikan juga sepatah dua patah kata yang intinya: 1). Mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan company visit ke PT. Sangkuriang Internasional. 2). Menerangkan visi dan misi LP3I (sebagai lembaga yang mencetak lulusan yang siap kerja), sehingga kegiatan company visit ini menjadi salah satu cara agar lulusannya datap lebih memahami dunia kerja sejak dini. 3). Meminta agar hubungan silaturahmi antara LP3I Tasikmalaya dengan PT. Internasional tetap terjalin kedepannya. 4). Memohon agar pihak PT. Sangkuriang Internasional dapat memberikan gambaran tentang dunia kerja IT, serta memberikan beberapa motivasi agar menjadi sebuah inspirasi bagi mahasiswa. Terakhir, sebagai tanda dimulainya kegiatan Company visit ini maka diberikanlah cendra mata (dalam bentuk plakat LP3I) dari Bpk. Muhamad Farihin kepada Bpk. Victor Junaidi.
Selanjutnya sesi pengarahan, kali ini Bpk. Riza yang bertugas memaparkan. Tekniks dari pengarahan ini lebih diarahkan ke tanya-jawab sehingga yang diharapkan dari Bpk. Riza adalah adanya komunikasi dua arah. Beberapa hal yang disampaikan antara lain: 1). Untuk menjadi seorang programer, satu hal yang harus ditanamkan adalah rasa ingin berkembang dan tidak stuck pada satu kenyataan/hal. 2). Untuk menjadi seorang programer juga tidak diharuskan mahir semua bahasa pemrograman, tetapi yang diharuskan adalah tahu. Karena kapasistas otak manusia sangat terbatas. 3). Harus update berita-berita terbaru mengenai dunia IT agar tidak ketinggalan teknologi informasi terkini. 4). Harus punya figur programer/orang IT yang menjadi panutan.
Setelah sesi tanya jawab/ pengarahan selesai, seluruh mahasiswa dibawa untuk berkeliling di lingkungan kerja PT. Sangkuriang Internasional. Di setiap divisi/ ruangan Bpk. Victor Junaidi menjelaskan apa saja yang dilakukan di divisi tersebut dan apa saja tugas-tugas per-divisi. Setelah itu rombongan kembali menempati ruang meeting dan akhirnya secara simbolis Bpk. Victor dan Bpk. Reza memberikan kata-kata penutupan kegiatan ini, setelah itu semua mahasiswa bersalaman dengan Bpk. Victor dan juga Bpk. Reza.
Kegiatan berakhir pada jam 12.00, setelah itu secara simbolis rombongan pamit kepada staff PT. Sangkuriang Internasional, tak lupa sebagai kata-kata penutup seluruh mahasiswa menghaturkan termakasih dan memohon maaf bila dalam prosesnya tadi ada beberapa kesalahan yang diperbuat dan jika dimungkinkan menghubungi LP3I Tasikmalaya jikalau membutuhkan tenaga programer, lalu  setelah berpamitan rombongan kembali menuju bus untuk melanjutkan perjalanan pulang.

3.   DOKUMENTASI KEGIATAN
Berikut ini adalah beberapa foto bekaitan dengan company visit ke PT. Sangkuriang Internasional:





2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post