Evaluasi hasil belajar adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Tujuan:
- Mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran
- Membuat keputusan secara tepat
- Pengambilan kebijakan secara bertanggung jawab
- Seleksi dan penempatan
- Mendiagnosa kelemahan dan kesulitan belajar
Jenis-jenis Evaluasi:
- Berdasarkan Fungsinya
- Formatif
- Sumatif
- Penempatan
- Diagnostik
- Berdasarkan waktu pelaksanaannya
- Pre-Test
- Post-Test
- Embedded-Test
Pengertian Pengukuran
Pengukuran adalah kegiatan pengamatan terhadap sifat atau karakteristik dari suatu objek/orang dan prosedur pemberian angka/kuantitas ( biasanya disebut skor) sehingga dapat dengan tepat menempatkan kedudukan suatu objek dalam kaitannya dengan objek lain berdasarkan karakteristik yang menjadi perhatian. Pengukuran berusaha untuk menjawab pertanyaan: Seberapa besar/banyak?
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengukuran:
- Mengidentifikasi objek yang hendak diukur.
- Mengidentifikasi dan menetapkan konstruk dari karakteristik (kompetensi) yang hendak diukur.
- Menetapkan jenis instrumen yang akan digunakan
- Menetapkan prosedur yang akan digunakan untuk memberikan skor.
Post a Comment