Contoh Soal Activity Based Management (ABM)

Image from https://pixabay.com/users/pexels-2286921/

Suatu perusahaan memproduksi suku cadang kecil untuk 11 pembeli utama. ABC digunakan untuk membebankan biaya produksi pada produk. Dari kesebelas pelanggan, terdapat satu rekening yang mencatat 50% dari total penjualan dan 10 rekening untuk penjualan lainnya. Pesanan yang dibuat untuk kesepuluh pelanggan yang lebih kecil memiliki ukuran yang kira-kira sama. Data mengenai aktivitas pelanggan RPT adalah sebagai berikut:

 

Pelanggan Besar

Sepuluh pelanggan yg lebih kecil

Total

Unit yang dibeli

500.000

500.000

1.000.000

Pesanan yang dibuat

2

200

202

Jumlah tindakan penjualan

10

210

220

Biaya produksi

$ 3.000.000

$ 3.000.000

$ 6.000.000

Biaya pemenuhan pesanan yg dialokasikan*

$    202.000

$    202.000

$    404.000

Biaya tenaga penjualan yg dialokasikan*

$    110.000

$    110.000

$    220.000

* Dialokasikan berdasarkan volume penjualan

 

Dari soal tersebut dapat dihitung:

Tarif aktivitas pemenuhan pesanan = $ 404.000/202 pesanan = $ 2.000 per pesanan

Tarif aktivitas penjualan = $220.000/220 tindakan penjualan = $ 1.000 per tindakan penjualan

 Biaya yang dibebankan ke setiap kelompok pelanggan:

 

Pelanggan Besar

Sepuluh pelanggan yang lebih kecil

Biaya pemenuhan pesanan

$   4.000

$ 400.000

Biaya tenaga penjualan

$ 10.000

$ 210.000


Dari hasil perhitungan tersebut terlihat:

  1. biaya untuk melayani pelanggan besar ternyata lebih kecil daripada biaya untuk melayani pelanggan kecil, sehingga pelanggan besar mungkin dapat dikenakan harga yang lebih rendah.
  2. Perhitungan di atas menimbulkan pertanyaan signifikan sehubungan dengan pelanggan kecil: mengapa lebih sulit menjual kepada pelanggan kecil? Mengapa tindakan penjualan lebih banyak dibutuhkan? Apakah mereka kurang diberikan informasi tentang produk? dll.

 

CREDIT FILE: NIJAR KURNIA ROMDONI

DOWNLOAD LINK

PASSWORD: abm.farihinmuhamad

Post a Comment

Previous Post Next Post