Cara Menampilkan Gambar Thumbnail File RAW (ARW Sony) di Windows 10

Image from https://pixabay.com/users/io-images-1096650/

Jadi beberapa waktu yang lalu saya sempat penasaran kenapa ada perbedaan thumbnail untuk file RAW Nikon (NEF) dan file RAW Sony (ARW). Thumbnail file NEF menunjukan gambar/foto preview sedangkan thumbnail file ARW hanya menampilkan icon gambar jpg saja. Sebenarnya hal ini bukan sebuah masalah besar, namun saya agak penasaran akan hal ini jadilah saya mencoba mencari pencerahan lewat google, dan saya menemukan sebuah artikeel/postingan/tanya jawab group (saya lupa yang mana :-D) yang menyarankan untuk melakukan update plug in Camera Raw (ini LINK Downloadnya) atau menginstall aplikasi Raw Image Extension (ini LINK Downloadnya).

Pertama, setelah saya coba installkan Camera RAW 13.1 memang ada perubahan tampilan camera raw yang ada di photoshop namun tidak terjadi perubahan pada thumbnail file ARW yang masih menunjukan icon file jpg saja.

Kedua, selanjutnya saya coba instalkan Raw Image Extension namun ternyata sangat lama sekali proses instalasinya (mungkin dikarenakan koneksi internet), akhirnya saya pun membatalkan proses instalasi lalu merestart komputer dan ketika saya pantau masih juga thumbnail file ARW tidak berubah.

Ketiga, keesokan harinya saya cukup kaget saat melihat thumbnail file ARW sudah dapat menunjukan preview gambar, karena tadinya saya sudah pasrah bahwa cara instalasi camera raw dan raw image extension tidak berhasil.

Jadi kesimpulannya cara ini berhasil untuk saya, namun mungkin ada faktor lain yang membuat cara ini berhasil entah dari faktor komputer atau faktor yang lain. Namun yang masih saya heran kenapa setelah komputer direstart masih saja thumbnail tidak berubah dan harus menunggu keesokan harinya, ya entahlah yang jelas cara ini berhasil.

Post a Comment

Previous Post Next Post