Cara Mudah dan Cepat Mewarnai (Color Grading-Correction) Video SLog di Adobe Premiere Pro


Color grading, ya dialah salah satu kata sederhana yang sangat tidak sederhana proses pengaplikasiannya. Dalam urusan videografi color grading ini sangat penting untuk dikuasai atau minimalnya tahu lah sedikit-sedikit mah ya shingga video yang kita produksi nanti hasilnya lebih memuaskan dari segi warnanya. Karena sekarang ini tone video sudah banyak sekali macamnnya jadi minimal kita punya satu color scheme yang kita pakai juga sudah cukup, namun seiring berkembanya projek yang kita kerjakan saya yakin pastinya kita butuh lebih dari 1 color sceme. Nah kurang lebih intro untuk color grading segitu dulu aja ya karena kalau dibahas insyaalloh bisa 8 sks baru kelar.

Nah berkaitan dengan judul kita kali ini, saya akan sedikit share mengenai cara color grading yang mudah dilakukan untuk video Slog. Kalau yang belum tahu, Slog ini adalah salah satu type recording video di kamera sony (kalau di nikon N-log, di canon C-log, di panasonic V-log) yang cara kerjanya yaitu menangkap gamma curve dan dynamic range yang lebih besar/lebah sehingga membuat detail-detail warna yang direkam oleh sensor kamera lebih banyak/tinggi, hasil videonya S-log ini secara kasat mata akan menghasilkan gambar yang buram namun setelah melalui proses editing (color grading) warna yang dihasilkan akan lebih baik dari perekaman video biasa. Back to the topic, jadi untuk melakukan color grading footage/video Slog ini kalian bisa lakukan dengan cara/pengaturan sendiri lewat fitur Lumetri Color yang ada di Adobe Premiere pro atau ada cara cepat dan mudah yang akan kita bahas kali ini yaitu menggunakan LUT (Look Up Table).

Nah LUT sendiri (sederhananya) merupakan pengaturan/settingan yang sudah dilakukan sebelumnya didalam Adobe Premiere Pro (atau software editing lainnya) lalu disimpan menjadi sebuah template sehingga pengaturan tersebut bisa digunakan lagi. Namun perlu diingat juga bahwa maksimal atau tidaknya hasil dari penggunaan LUT ini  akan ditentukan dari footage yang digunakan, seperti contohnya footage yang digunakan harus SLog namun kita menggunakan footage rekaman standar, atau bahkan footage SLog pun tidak akan 100% sama hasilnya dengan contoh karena pada proses shooting sangat dimungkinakan adanya perbedaan pencahayaan/lighting, oleh karena itu walaupun kita sudah menggunakan LUT terkadang ada sedikit adjustment/penyesuaian yang harus kita lakukan.

Satu lagi, LUT ini kalian bisa buat sendiri atau kalian juga bisa mendownloadnya di berbagai situs yang menyediakan LUT gratis, tapi jangan kaget juga jika ada situs/orang yang menentukan tarif tertentu untuk mendapatkan LUT dari mereka (karena untuk membuat LUT ini juga ada ilmunya jadi ya kita harus menghargai mereka juga atas karyanya), jadi silahkan tentukan sendiri pilihan kamu. LUT yang saya gunakan adalah LUT gratis dari situs XDCAM-USER buatan dari Alister Chapman situs downloadnya bisa kamu lihat disini namun jika kamu sudah memiliki income lebih atau kamu akan menggunakan LUT ini pada project yang komersil silahkan pertimbangkan untuk berikan donasi untuk Alister (disana ada caranya). Nah, jadi sekarang saya asumsikan kita sudah memiliki LUT yang kita butuhkan jadi mari kita masuk pada proses pengaplikasiannya.

Sekarang kita sudah berada pada tampilan Adobe Premiere Pro, dan saya asumsikan kita sudah selesai melakukan proses rough cut (memotong dan menyambungkan footage), jadi langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah color grading dan atau color correction, kita masung pada langkah-langkah berikut ini:

1. Ubah mode workspace kita menjadi Color agar tampilan Premiere Pro lebih mudah untuk color correction. Setelah itu buat sebuah Adjustment layer dengan cara klik menu File -> New -> Adjustment Layer dan klik OK pada jendela pengaturan Adjustment Layer.

2. Sekarang lihat pada panel Project di pojok kiri bawah, disana sudah ada list Adjustment Layer yang baru saja kita buat jadi sekarang silahkan tambahkan satu Adjustment Layer kedalam timeline (diatas footage) dengan cara klik Adjustment Layer lalu drag ke timeline. Jika sudah silahkan perbesar adjustment layer agar sama panjangnya dengan footage, dengan cara klik ujung sebelah kanan dan drag ke kanan.


3. Sekarang masuk ke panel Effect (dekat penel Project sebelan kannya) dan cari Lumetri Color (di search saja), jika sudah ada klik dan drag Lumetri Color tersebut kedalam Adjustment Layer yang ada di timeline.


4. Sekarang klik pada Adjustment Layer yang ada di timeline dan lihat pada panel Lumetri Color yang ada di pojok kanan atas kita bisa melihat ada Adjustment Layer. Sekarang klik pada Basic Correction, lalu klik pada combo box Input Lut lalu pilih Browse dan jendela dimana kamu menyimpan file LUT hasil dodwnload tadi.


5. Jika tone footage masih belum sesuai dengan keinginan kamu, silahkan lakukan penyesuaian pada lumetri color footage (klik footage yang ada di time line dulu, lalu lihat disebelah kanan akan ada pengaturan Lumetri Colornya), kamu bisa berkreasi pada pengaturan Basic Correction, Creative, Curves, dal yang lainnya.

Nah demikianlah sekilas pembahasan mengenai Cara Mudah dan Cepat Mewarnai (Color Grading-Correction) Video SLog di Adobe Premiere Pro, kalau kamu tertarik dengan seputar video atau fotografi ada bebearapa postingan lagi di blog ini yang bisa kamu baca dan insyaalloh informasinya bermanfaat buat kamu, jadi silahkan dieksplor ya.

Sekian postingan kali ini, terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post