Pengertian Primary Key, Foreign Key, Candidate Key, Alternate Key, Composite Key, & Super Key


Dalam perancangan database (lebih spesifik lagi tabel) ada beberapa istilah yang sangat penting untuk diketahui, karena hal-hal ini bukan hanya sekedar istilah namun merupakan esensi yang harus dipahami saat merancang sebuah tabel. Dengan memahami istilah ini tentunya kamu akan lebih mudah dan lebih cepat dalam merumuskan rancangan tabel kamu. Kali ini saya akan membahas tentang pengertian Primary Key, Foreign Key, Candidate Key, Alternate Key, Composite Key, & Super Key, jadi tanpa panjang lebar lagi sekarang kita bahas satu-persatu.

1. Super Key
Satu atau lebih atribut (kumpulan atribut) yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi setiap baris data (record) secara unik. Pengertian sederhananya super key ini adalah satu atau beberapa field yang unik dan dapat menjadi ciri khas dari sebuah record, dimana dengan melihat keunikan field ini kita bisa tahu kalau record tersebut adalah record A misalnya.

2. Candidate Key
Kumpulan atribut minimal yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah table secara unik (super key yang tidak memiliki pengulangan atribut) (primary key dipilih dari candicate key). Pengertian sederhananya, candidate key ini adalah jumlah minimal field yang akan dijadikan key, jika melihat pada super key ada beberapa gabungan field yang bisa dijadikan key, maka pada candidate key ini kita lihat gabungan/himpunan yang paling sedikit, jika ada gabungan 3 field, gabungan 2 field, dan 1 field saja maka yang pantas menjadi candidate key adalah yang 1 field saja.

3. Primary Key
(Satu atau lebih) atribut yang dipilih untuk mendefinisikan/ memastikan setiap record data bernilai unik. Pengertian sederhananya, primary key adalah field/gabungan field dari candidate key yang dipilih menjadi field yang dapat mendefinisikan record secara utuh, atau katakanlah primary key ini adalah salah satu candidate key yang memenangkan pemilihan.

4. Foreign Key
Key penghubung antar tabel, dimana foreign key pada suatu table merupakan primary key pada table lain (yang berelasi). Saya kira pengertiannya sudah cukup sederhana, jadi untuk menghubungkan beberapa tabel yang harus berrelasi/berhubungan maka diperlukan satu field penghubung (ibarat kata mak comblang) nah tugas penghubung ini diemban oleh foreign key.

5. Alternate Key
Candidate key yang tidak dipilih sebagai primary key. Apa lagi ini sudah sangat-sangat sederhana pengertiannya.

6. Composite Key
Key yang terdiri dari 2 atau lebih atribut yang secara unik mengidentifikasi suatu kejadian entitas. Mungkin suatu saat kalian akan menemukan sebuah tabel yang secara visual didalamnya tidak ada primary key nya akan tetapi didalamnya ada beberapa foreign key, nah jika ada tabel yang seperti itu maka kurang lebih tabel tersebut sudah mengaplikasikan pemahaman tentang composite key ini.

Nah demikianlah sekilas pembahasa mengenai istilah-istilah key, kalau kamu tertarik dengan materi seputar perancangan datababase ada bebearapa postingan lagi di blog ini yang bisa kamu baca dan insyaalloh informasinya bermanfaat buat kamu, jadi silahkan dieksplor ya.

Sekian postingan kali ini, terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post