Kena CopyRight Youtube Padahal Pakai Musik No Copy Right???

Assalamulaiakum warohmatullohi wabarkatuh... Apa kabar? Semoga kita semua selalu dianugrahi kesehatan dilancarkan semua aktifitas kita oleh Alloh Subhanahuwata’ala, amin. Kali ini saya akan membahas tentang CopyRight di youtube, iya gini-gini juga saya youtuber hihihi... Well, kalau sudah berbicara tentang platform video streaming yang satu ini memang kita mau tidak mau pasti akan menyinggung tentang satu hal yang dinamakan CopyRight. Apa sih CopyRight itu, menurut wikipedia CopyRight/Hak Cipta adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu, sedangkan google sendiri mereka mengacu pada aturan yang ada copyright.com (situs U.S. Copyright Office yang kantornya ada di Washington, D.C.) bisa kamu baca disini.

Nah kita sudah sama-sama tahu kalau di internet dan youtube itu sendiri ada yang dinamakan footage dan musik yang No Copy Right yang artinya kamu boleh menggunakan kontent tersebut untuk keperluan pribadi dan tidak akan mengundang copyright claim di kemudian hari. Nah karena untuk menggunakan suatu konten yang memiliki lisensi CopyRight ini kita harus merogoh kocek pribadi  jadi buat para konten kreator pemula yang budgetnya pas-pasan bahkan suka minus model saya ini hahaha, konten No Copy Right akan sangat-sangat membantu dan alhamdulillah diluar sana masih ada orang-orang yang berbaik hati dengan merelakan konten footage atau musik mereka dijadikan konten No Copy Right. 

Namun pernahkah kamu mengalami Kena CopyRight Youtube Padahal Pakai Musik No Copy Right??? kalau saya ya jelas pernah makanya saya tulis postingan ini, total sudah 2x saya kena CopyRight Clain di youtube padahal saya selalu hati-hati dalam memilih setiap musik dan konten pendukung lain (seperti gambar dan efek suara), selalu saya pilih musik dan material lain yang No Copy Ritht dan tidak lupa saya selalu mencantumkan CREDIT pada setiap owner material dan INI PENTING sebagai bentuk rasa terimakasih kita kepada mereka. Jadi 2 musik yang dulu pernah kena CopyRight strike adalah NICOLAI HEIDLAS - A DAY OFF dan DEAMN - DRIVE MY CAR, nah kedua lagu ini saya dapatkan dari channel lain di youtube yang menjanjikan (dan menuliskan pada title dan deskripsi) bahwa lagu ini adalah No Copy Right Music dan dengan polosnya saya pun percaya dan menggunakan kedua lagu ini dan setelah beberapa waktu (yang satu dalam hitungan minggu dan yang satu hitungan tahun) akhirnya saya dapat notifikasi tentang Copyright claim atau Content ID.

Jadi kenapa hal ini bisa terjadi? Kalau dugaan saya sih ini ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya, diantaranya:
1. Channel atau sumber lain yang mengatakan bahwa konten ini adalah No Copy Right Music padahan sebenarnya malah Copy Right, jadi intinya ya si channel atau sumber ini adalah pihak yang tidak bertanggung jawab, ini persis seperti yang saya alami.
2. Konten memang sejatinya No Copy Right Music namun (lagi-lagi) ada pihak yang tidak bertanggung jawab dan mendaftarkan konten tersebut untuk dirinya sendiri.
3. Pada awalnya mungkin konten masih merupakan No Copy Right Music namun seiring berjalannya waktu si pemilik menjadi terkenal dan memutuskan untuk melisensi seluruh musiknya itu.
4. Mungkin ada kesalahan dari sistem content id google yang salah mengidentifikasi konten, karena yanng bekerja adalah sistem secara otomatis jadi masih ada kemungkinan kesalahan sistem.

Jadi sekarang bagaimana cara mengatasinya jika sudah terlanjur kena CopyRight Strike? 
1. Mute Video
2. Ganti musik
3. Edit ulang (kalau masih ada filenya)
4. Hapus video
5. Atau jika kau bisa mengcounter CopyRight strike ini dengan bukti-bukti yang valid itu akan sangat besar peluangnya untuk menghilangkan claim copyright, tapi pasti prosesnya akan sangat berat.

Jadi saran saya, sebelum kita menghadapi CopyRight Strike alangkah baiknya jika kita lebih waspada dan berhati-hati (walaupun saya yg sudah berusaha selektif pun masih ken) mungkin hanya dua hal saja:
1. Gunakan sumber yang kredibel dan sudah besar semisal NCS
Salah satu channel kredibel yang saya tahu di youtube adalah NCS, mereka rutin mempublish berbagai jenis musik bergenre electronic dll. Dan saya sempat beberapa waktu yang lalu mention mereka di akun twitter karena penasaran ada CONTENT ID LICENSED TO YOUTUBE pada detail lagu yang mereka publish, dan jawaban mereka akan saya simpan disini sebagai dokumentasi.


2. Cari tahu tentang musisi-musisi lokal
Biasanya para musisi lokal belum mengkomersilkan karyanya karena satu dan lain hal, mungkin ada yang ingin melebarkan sayapnya agara telebih dahulu musik mereka didengar, mungkin ada juga yang berjiwa sangat idealis dan independen sehingga dia membiarkan karyanya untuk digunakan secara bebas, dan kemungkinan-kemungkinan lain tentunya, tapi ingat selalu minta ijin jika akan menggunakan karya mereka dan jangan lupa cantumkan kredit atas mereka.

Demikian postingan kali, semoga dapat membantu. Terimakasih telah berkunjung, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post