Cara Mengatasi HP Xiaomi di Charge Keluar Masuk

Assalamulaiakumwarohmatullohi wabarkatuh. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dianugrahi kesehatan oleh Alloh Subhanahuwata’ala, amin. Kali ini saya akan sharing tentang Cara Mengatasi HP Xiaomi di Charge Keluar Masuk yang sudah pernah saya lakukan, jadi buat kamu yang sedang mengalami masalah serupa silahkan resapi dan dan pahami informasi yang ada pada postingan ini dan semoga dapat membantu menyelesaikan tersebut.
Jadi beberapa hari kebelakang saya mengalami hal baru dimana hp Xiaomi Redmi 4 Prime Saya yang kurang lebih sudah hampir 3 tahun tiba-tiba tidak bisa di charge (di cas) dengan normal, setiap hp terhungung ke charger yang ada aliran listriknya secara terus menerus ada bunyi tinung-ninung- tinung-ninung- tinung-ninung (yang artinya hp dicharge dan charge terputus/selesai), hal ini tidak hanya saat hp dalam keadaan hidup dalam keadaan dimatikan pun hal ini (charge keluar masuk) tetap saja terjadi.

Untuk mencoba mengatasi permasalahan ini saya coba beberapa cara dibawah ini:
1. Saya ganti charger dengan charger hp yang lain tapi hasilnya masih tetap sama (tidak lancar) padahal charger yang lain tersebut dan charger asli xiaominya bisa dipakai di hp yang lain. Nah, berarti masalahnya bukan berasal dari charger dan kemungkinan dari Hpnya.

2. Saya coba reset settingan hp ke default (factory reset), namun sayang langkah ini juga tidak berhasil dan sekarang posisi batre benar-benar low dibawah 3% jadi saya matikan hp sambil baca-baca tentang masalah sejenis di internet dan benar saja tidak ada solusi yang pas buat saya, namun ada beberapa fitur atau istilah baru yang saya tangkan hingga akhirnya saya mencoba cara nomor 3.

3. Saya coba masuk ke fast boot (padahal saya sama sekali tidah tahu dan belum mendalami tentang fast boot ini) dengan posisi kabel charger masih terpasang ke listrik dan hp, alhamdulillah sekarang hp dapat dicharge tanpa bunyi tinung-ninung lagi, saya tahu proses charge masuk karena lampu led indikator menyala terus. Saya pun sudah cukup lega karena cara ini dapat berhasil dan berharap setelah hp dihidupkan kondisinya akan kembali seperti semula, namun setelah saya anggap batre penuh dan saya hidupkan lagi lalu saya coba charge lagi ternyata masalah masih tetap ada. Kondisi ini bertahan beberapa hari hingga akhirnya tanpa sengaja saya melakukan cara nomor 4.

4. Kebetulan saya ada jam mengajar secara teleconference, dan pada kegiatan tersebut hp ini saya aktifkan untuk merekam video kegiatan mengajar ini (maksudnya untuk dokumentasi), namun tanpa saya sadari sepertinya hp ini merekam hingga batrenya habis dan hp mati dengan sendirinya. Setelah selesai mengajar dan saya cek ternyata benar hpnya memang dalam kondisi mati sehingga saya langsung charge hpnya (tanpa masuk ke fast boot) dan saya pun kaget (tapi alhamdulillah) masalah charging keluar masuk tidak ada lagi, bahkan sebelum proses charging selesai pun hp saya hidupkan dan pada posisi hp hidup pun sudah tidak ada lagi masalah charge keluar masuk.

Mungkin cara ini belum terbukti secara teknis, namun percaya atau tidak memang begitulah hal yang BENAR-BENAR SAYA ALAMI DAN LAKUKAN dan saya lakukan. Yang diawal saya sudah kecil hati karena sudah harus mengumpulkan uang lagi untuk service yang mungkin biayanya bisa ratusan ribu, akhrinya dengan sedikit usaha dan keberuntungan (dengan seijin Alloh tentunya) hp saya dapat kembali beroperasi dengan normal.

Jika langkah-langkah yang ada dalam postingan ini belum dapat menyelesaikan permasalahan kamu, mohon jangan berkecil hati, putus asa, apalagi malah jadi marah-marah. Ingat, satu gejala yang sama belum tentu menunjukan akar permasalahan yang sama, begitu juga dengan cara penyelesaiannya yang mungkin berbeda. Yang saya sampaikan disini hanya salah satu cara diantara banyak cara yang mungkin ada.

Sekian postingan kali ini, semoga dapat membantu. Terimakasih telah berkunjung dan Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post