Cara Membuat Login dan User di Microsoft SQL Server

Assalamulaiakumwarohmatullohi wabarkatuh. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dianugrahi kesehatan oleh Alloh Subhanahuwata’ala, amin. Kembali lagi bersama tulisan saya @farihinmuhamad di blog sederhana ini. Kali ini saya akan sharing tentang tata Cara Membuat Login dan User di Microsoft SQL Server.

Sebelum kita masuk pada pokok pembahasan, terlebih dahulu saya akan sampaikan bahwa didalam Microsoft SQL Server penggunaan istilah login dan user adalah dua aktifitas yang berbeda. SQL Server Log In adalah identitas yang digunakan untuk dapat mengakses SQL Server Manajemen Studio, sedangkan SQL Server User adalah identitas yang digunakan untuk dapat mengakses database yang ada didalam SQL Server. Jadi bisa dikatakan bahwa Log in dibuat dan digunakan pada ruang lingkup server, sedangkan User dibuat dan digunakan pada ruang lingkup database. Setiap log in belum tentu dapat mengakses database, jika belum dibuat/ditentukan usernya. Jadi tanpa userpun anda masih bisa log in/mengakses MS Sql Server, namun anda tidak akan bisa mengakases database didalamnya. Jadi pastikan saat membuat log in, anda juga membuat user yang dimapping kedalam log in tersebut, sehingga anda dapat masuk kedalam SQL Server dan juga dapat mengakses database.

Nah untuk prosesnya sendiri kita akan menggunakan Query sebagai berikut:
1. Kita akan buat database terlebih dahulu dan mengatur agar database tersebut yang aktif:
CREATE DATABASE LATIHANDB
USE LATIHANDB
2. Buat login dengan passwordnya:
CREATE LOGIN LOGINLATIHAN WITH PASSWORD = '12345678'
3. Buat user untuk login yang sudah dibuat:
CREATE USER USERLATIHAN FOR LOGIN LOGINLATIHAN
4. Berikan role untuk user yang sudah dibuat agar menjadi db owner:
EXEC SP_ADDROLEMEMBER DB_OWNER, USERLATIHAN

Setelah 4 pengaturan diatas selesai, sekarang disconnect terlebih dahulu dari SQL Server atau tutup dulu aplikasi Microsoft SQL Server. Lalu silahkan buka kembali SQL Server dan pada jendela Connect to server (login) ubah Authentification menjadi SQL Server Authentification, lalu isikan nama login dan user yang tadi sudah dibuat, lalu silahkan klik tombol Connect. Selamat, kamu sudah bisa login dengan akun login dan user buatan kamu sendiri.

Setelah kamu berhasil login maka Object Explorer akan terisi dengan berbagai objek. Buka Database dan buka database LATIHANDB maka kamu juga akan melihat banyak lagi objek didalamnya. Namun jika kamu membuka database lain (contohnya saya buka database SESI8) maka akan muncul error seperti yang ditunjukan gambar di bawah ini:

Jika kamu belum bisa masuk ke SQL Server maka kamu boleh baca postingan lain saya yang berjudul Cara Mengatasi Error Tidak Bisa Log In User SQL Server. Demikian postingan kali, semoga ada manfaatnya dan dapat membantu kamu. Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post