Cara Mengatasi Error Tidak Bisa Log In User SQL Server

Assalamulaiakumwarohmatullohi wabarkatuh. Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis sebuah postingan tentang Cara Membuat Login dan User di Microsoft SQL Server. Dan postingan kali ini masih ada hubungannya dengan postingan tersebut, iya benar sekali karena mungkin pada saat selesai proses pembuatan log in dan user ada kendala pada saat melakukukan log in, nah  bersama saya @farihinmuhamad dipostingan kali ini kita akan bersama-sama membahas Cara Mengatasi Error Tidak Bisa Log In User SQL Server.

Jika error yang kamu alami terjadi sebelum membuat log in dan user didalam Sql Server Management Studio (artinya sama sekali kamu tidak bisa masuk ke SSMS sama sekali) maka coba perhatikan beberapa hal dibawah ini:
1. Pastikan pengaturan pada jendela Connect to server sebagai berikut: Server Type = Database Engine, Server Name = NAMA KOMPUTER KAMU, Authentication = Windows Authentification, jika semuanya sudah cocok silahkan klik tombol Connect.

2. Jika poin nomor satu sudah terisi lengkap tapi masih tidak bisa log in, coba buka combo box nama komputer disebelah kanan Server Name lalu pilih <Browse for more> setelah itu akan muncul jendela baru dan disana silahkan double klik Server Name lalu pilih list pertema yang ada disana, setelah itu klik tombol Ok lalu klik tombol Connect.

3. Jika pada poin nomor 2 pun belum bisa log in atau pada saat mengklik pilih <Browse for more> tidak ada satupun server name yang ditampilkan maka silahkan buka Services (buka Run (Tombol window dan R), lalu ketikan services.msc setelah itu klik tombol OK. Lalu pada jendela Services silahkan sortir tampilan berdasarkan Name (klik pada bilah Name yang ada dibagian atas), setelah itu cari kelompok service SQL Server dan pastikan jika service MSSQLSERVER berjalan (keterangannya ada pada bilah Status disebelah kanan), jika tulisannya STOP maka silahkan klik tombol Start di atas dekat menu atau klik kanan pada nama service lalu klik Start.

4. Jika ketiga opsi diatas masih belum bisa coba kunjungi diskusi ini.

Nah sekarang jika Error yang dialami terjadi pada saat akan log in SETELAH membuat log in dan user didalam Sql Server, maka silahkan coba opsi yang kelima ini:

5. Log in terlebih dahulu dengan Windows Authentification, lalu klik kanan pada Server/Instance name, lalu klik Properties, setelahnya kli pada Page Security, lalu pada pilihan Server Authentication pilih SQL Server and Windows Authentication mode, setelah itu klik pada tombol OK. Sekarang kamu harus tutup dulu aplikasi SQL Server Management Studio lalu coba kembali log in menggunakan Login dan User yang sudah dibuat, jika belum bisa silahkan RESTART dulu komputer kamu baru coba login lagi.

Disclaimer: Jika langkah-langkah yang ada dalam postingan ini belum dapat menyelesaikan permasalahan kamu, mohon jangan berkecil hati, putus asa, apalagi malah jadi marah-marah. Ingat, satu gejala yang sama belum tentu menunjukan akar permasalahan yang sama, begitu juga dengan cara penyelesaiannya yang mungkin berbeda. Yang saya sampaikan disini hanya salah satu cara diantara banyak cara yang mungkin ada.

Terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post