Cara Cek Rangking Blog atau Website

Sudah sekitar 6 tahun blog ini berjalan hingga sekarang, dari yang awalnya hanya berniat untuk menyimpan dokumentasi catatan pribadi hingga sudah banyak konten yang saya tulis di blog ini. Awalnya saya tidak memikirkan tentang Rangking atau peringkat, namun begitu waktu berlalu ada juga hasrat untuk mengetahui berapa posisi blog saya ini di dunia internet. Sedikit cerita ya, dulu pada masa jayanya blog ini sempat masuk posisi 900 ribuan rangking global dan 14 ribuan ranking lokal Indonesia yang mana menurut saya not bad untuk ukuran blog sederhana seperti ini, nah kalau sekarang blog ini sudah tercecer ke rangking 2,9 juta global hahaha

Nah itu dia mukodimahnya jadi buat kalian yang buru-buru karena ingin segera memeriksa/cek rangking blog kalian mari kita bahas langkahnya sekarang:
1. Silahkan buka web ALEXA
Web ini merupakan web yang paling kredibel lah menurut saya (secara dia masih keluarganya amazon, itu tul marketplace di us sana), dan satu-satunya web yang langsung memberikan informasi rangking situs/blog kita tanpa harus melalui proses yang ribet semisal daftar ataupun bayar.

2. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan Browse Top Sites, lalu isikan alamat/url blog kamu disana (boleh tulis atau copy paste), lalu klik tombol Find.

3. Sekarang kamu akan mendapati halaman resume tentang hasil pendataan yang dilakukan oleh alexa, contohnya seperti gambar dibawah ini bisa dilihat bahwa pada saat postingan dibuat blog saya berada pada urutan 2.749.253 rangking global, selain itu ada juga banyak informasi lainnya yang bisa kamu dapat sebagai gambaran garis besar tentang performa blog kamu:

4. Nah sayangnya untuk sekarang kita tidak lagi bisa memerika rangking lokal jadi patokan kita ya rangking global ini.

5. Jika blog kamu belum menampilkan data sama sekali bisa banyak kemungkinan penyebabnya, bisa jadi karena blog baru, atau masih sedikit postingannya,, ataupun sebab lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Nah jadi itu dia Cara Cek Rangking Blog yang dapat saya jelaskan, jika kamu punya cara lain boleh juga untuk share di kolom komentar.

Disclaimer: Jika langkah-langkah yang ada dalam postingan ini belum dapat menyelesaikan permasalahan kamu, mohon jangan berkecil hati, putus asa, apalagi malah jadi marah-marah. Ingat, satu gejala yang sama belum tentu menunjukan akar permasalahan yang sama, begitu juga dengan cara penyelesaiannya yang mungkin berbeda. Yang saya sampaikan disini hanya salah satu cara diantara banyak cara yang mungkin ada.

Terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post