Cara Membuat Form Upload File di Halaman atau Postingan Blogger - Bagian 2

Assalammualaikum... Kali ini saya akan melanjutkan postingan saya sebelumnya (Cara Membuat Form Upload File di Halaman atau Postingan Blogger - Bagian 1), nah kalau dibagian pertama saya membahas cara membuat formnya, untuk dibagian kedua ini saya akan membahas tentang cara mempublishnya dipostingan atau Halaman blogger. Untuk artikel kali ini saya rasa tidak akan terlalu panjang, jadi cukup sediakan air putih saya in case kamu haus :-)

Baiklah sekarang kita langsung saja ke proses pemasangannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:
Langkah 1. Jika masih berada pada halaman form builder silahkan klik pada tombol Publish yang berada disamping tombol Build dan Entries. Atau jika sudah kelura dan baru masuk kedalam dashboard Cognito Form silahkan sorot pada entri Form Upload Tugas (atau nama form yang kalian buat) lalu klik pada link Publish yang ada dibawahnya.

Langkah 2. Pada jendela Publish silahkan copykan kode yang ada pada kolom Embed in your site, caranya blok semua text yang ada pada kolom tersebut lalu tekan tombol CTRL dan C. Atau jika kalian ingin membagikan form tersebut pada media sosial (tanpa dipublish/diembed di blog kalian) maka cukup copykan URL yang ada pada kolom Use this URL to create a hyperlink to your form.

Langkah 3. Setelah code dicopy, sekarang silahkan masuk kedalam dashboard blogger kalian masing-masing, setelah itu buat sebuah postingan baru atau halaman baru. Disini yang akan saya buat adalah sebuah halaman baru agar nantinya halaman ini bisa saya atur lebih mudah. Nah pada jendela editor halaman baru klik pada tab HTML dan ketikan code yang ada dibawah ini: 
<!--
<div style="text-align: center;">
<span style="font-size: x-large;">SAAT INI BELUM ADA</span></div>
<div style="text-align: center;">
<span style="font-size: x-large;">PROSES PENGUMPULAN TUGAS</span></div>
<div style="text-align: center;">
PORTAL AKAN DIBUKA JIKA ADA TUGAS YANG HARUS DIKUMPULKAN</div>
-->
<div class="cognito">
<script src="https://services.cognitoforms.com/s/6Im1I9xiJUeeFKADrh95bQ"></script>
<script>Cognito.load("forms", { id: "1" });</script>
</div>
Penjelasannya: kode yang berada diantara <!-- dan --> adalah kode yang tidak akan dieksekusi oleh blogger (hasilnya tidak ditampilkan) jadi jika fasilitas form upload file ini ingin saya nonaktifkan  maka saya bisa menggunakan teks ini sebagai pemberitahuan kepada pengunjung bahwa fasilitas dinonaktifkan, dan agar kodenya dibaca oleh blogger maka saya hilangkan tanda <!-- dan --> dan karena fasilitas form uploadnya dinonaktifkan berarti kode untuk menampilkan formlah yang harus diberikan tanda <!-- diawal kode yang ditebalkan dan tanda --> diakhir kode yang ditebalkan, agar form disembunyikan sementara.

Langkah 4. Setelah itu silahkan klik tombol Publish didalam halaman pembuatan Page baru. Nah sekarang form upload sudah bisa diakses oleh pengguna, dan untuk mengaksesnya silahkan lihat live view blog kalian dan buka halaman yang barusaja dibuat. Tergantung dari template yang kaliann gunakan, jika tidak menggunakan template default blogger dan menggunakan template custom seperti saya maka ada langkah lain setelah ini yaitu membuat sebuah entri menu baru dan isi pada linkny menggunakan link dari halaman yang baru saja dibuat.

Sekian postingan kali ini, semoga ada manfaatnya. Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di postingan selanjutnya, Wassalamuailkum warohmatullohi wabarokatuh...

Post a Comment

Previous Post Next Post