Cara Membuat Form Upload File di Halaman atau Postingan Blogger - Bagian 1

Assalamualaikum… Kali ini, seperti judul diatas saya akan membagikan tata cara pembuatan form isian sekaligus fasilitas upload file yang bisa diterapkan di Blogger. Instilah ini mungkin sebagian orang lebih familiar dengan bahasa lain karena biasanya disebut dengan proses form builder untuk blogger, namun tujuannya sama yaitu membuat sebuah form isian yang bisa kita terapkan di blog kita. Sedikit spoiler, postingan ini lumayan agak panjang jadi alangkah baiknya kalau kamu siapkan cemilan dan kopi terlebih dahulu agar bacanya santai dan kamupun bisa lebih paham. Nah sekarang mungkin ada yang bertanya, apa bedanya cara ini dengan penggunaan google form? Perbedaan yang utama menurut sayya adalah google form tidak bisa kita generate untuk ditampilkan di halaman/postingan blog/website dan juga google form tidak memberikan fasilitas untuk upload file (koreksi saya jika kurang tepat), sehingga dengan keterbatasan google form yang seperti ini maka kita membutuhkan platform lain agar dari blog/website kita masih bisa mengumpulkan dan menerima informasi yang diberikan oleh pengunjung.

Contohnya seperti ini, saya sebagai seorang pengajar biasanya memberikan tugas kepada anak didik saya dan memberikan tenggang waktu pengerjaan, dan pada tanggal yang sudah ditentukan saya ingin tugas tersebut dikumpulkan, dan katakanlah tanggal tersebut bukan merupakan tanggal dimana saya masuk ke kelas atau saya sedang bertugas diluar, dengan kondisi seperti itu maka salah satu alternatif pengumpulan tugas adalah dengan mengumpulkannya secara online, nah dengan solusi ini tentunya bagi saya yang hanya memiliki blog pribadi (pemberian dari google, baca: blogger) maka saya memiliki keterbatasan untuk merubah struktur halaman atau menambah struktur halaman yang ada pada blog saya, nah disini muncullah peran dari platform Form Builder yang memberikan segala kemudahan (dan batasan) nya untuk kita. Dengan penggunaan form builder ini kita bisa merancang sebuah form layaknya sebuah halaman web dan menambahkan fitur seperti upload file, lalu mempublish form tersebut secara langsung di blog pribadi kita, dan semua itu diberika oleh mereka (platform) secara Cuma-Cuma alias gratis.

Sekarang ini banyak sekali platform yang memberikan layanan form builder, katakanlah seperti Powr, Hubspot, Emailmeform, dan lain-lain namun pilihan saya kali ini jatuh kepada Cognito Form. Salah satu alasan kenapa saya memilih platform ini adalah fitur submission (pengumpulan data) yang tidak dibatasi dan platform ini juga menyediakan fitur upload file, yang mana hal tersebut tidak saya temukan di emailmeform (submisi gratis dibatasi hanya 100) dan powr (free user tidak bisa menggunakan fasilitas upload file), sedangkan hubspot belum saya coba karena untuk saat ini saya sudah menggunakan Cognito Form. Untuk kualitas tampilan sendiri saya rasa Cognito Form ini ada diatas emailmeform dan sedikit dibawah powr (ini preferensi pribadi saya saja). Nah jadi pada postingan kali ini khusus akan membahas tentang pembuatan form upload file di blogger menggunakan Cognito Form. 

Nah sekarang mari kita langsung menuju ke pembahasannya:
Lankah 1. Silahkan buka tautan ini untuk menuju ke Cognito Form. Setelah sampai di situs tersebut, silahkan buat dulu sebuah akun, lalu setelah membuat akun silahkan log in (atau jika sudah memiliki akun sebelumnya maka silahkan langsung log in saja). Proses ini cukup standar jadi tidak akan saya gambarkan secara detail.

Lankah 2. Setelah masuk ke dashboard Cognito Form, silahkan langsung klik di + New Form, lalu pada pilihan yang muncul kamu bisa menggunakan template atau menyalin form yang sudah ada, namun sekarang saya akan membuat sebuah form baru dari awal jadi yang saya pilih adalah Start from Scratch.

Lankah 3. Setelah memilih Start from scratch maka kita akan diarahkan ke halaman/tampilan baru. Dihalaman ini kita akan mengatur semua eleemn yang nantinya akan dimunculkan pada form kita seperti header/judul, kolom isian, upload file, tombol, dan tulisan yang dimunculkan setelah pengguna melakukan submit data. Sekarang mari kita mulai dari header, untuk mengubah judul silahkan klik pada tulisan Untitled, lalu disebelah kanannya ada Form Settings, dibawah Form Settings silahkan isikan Title dan Description-nya, contohnya saya isikan (FORM PENGUMPULAN TUGAS ALGORITMA) untuk Title, dan (Silahkan kumpulkan tugas algoritma yang telah diberkan pada tanggal 20 Januari 2020, selambat-lambarnya pada 1 Februari 2020.) untuk Description-nya.  Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini:

Langkah 4. Sekarang kita akan menambahkan kolom isian pertama, disini saya akan membuat kolom untuk Nama Lengkap. Jadi yang harus lakukan sekarang adalah mengklik tombol + yang ada diatas tombol Submit dan dibawah header FORM PENGUMPULAN. Setelah itu disebelah kiri akan ada sedikit perubahan tampilan, kita perlu melakukan beberapa perubahan disana. Pertama, klik pada pilihan TextBox, setelah dipilih maka tampilan sebelah kiri akan berubah lagi, tapi memang disinilah kita akan mengatur properti dari TextBox kita (dan untuk elemen yang lain pun jalannya akan sama seperti ini jadi saya tidak akan menjelaskan sampaikan dua kali). Nah sekarang ubah Label menjadi (Nama Lengkap), Placeholder Text menjadi (Isi dengan nama lengkap anda), Number of Charracter (1 to 35), Required this Field (Always). Dari hasil tampilannya kamu akan mengerti apa fungsi dari merubah ke empat elemen tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini:

Langkah 5. Silahkan klik tombol tanda + disebelah kanan Nama Lengkap lalu lakukan hal yang sama seperti langkah 4, namun sekarang Label-nya diubah menjadi (Kelas) dan Placeholder Text-nya menjadi (Isi dengan kelas anda), pengaturan lainnya silahkan disamakan. 

Langkah 6. Sekarang silahkan klik lagi tombol tanda + dibawah Nama Lengkap dan klik pada elemen File Upload. Kurang lebih langkahnya sama seperti sebelumnya, saya ubah Label menjadi (Upload file anda disini), Allowed File Type menjadi (rar, zip), Maximum File Size (3), Maximum Number of Files (1), dan Required this Field (Always). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini:

Langkah 7. Sekarang kita akan mengubah tombol Submit dan pesan/tulisan setelah pengguna mengisi data dan mensubmitnya, jadi silahkan klik di elemen tombol Submit tersebut (tenang efek klik tombol belum akan bekerja sekarang). Setelah itu ubah Submit Button Text menjadi (Kirimkan Tugas), Confirmation Options menjadi (Terimakasih Telah menggunakan fasilitas pengumpulan tugas ini.). Setelah itu klik tombol Save yang ada di pojok kanan bawah agar form yang kita buat tersimpan, tidak akan terjadi perubahan yang signifikan namun jika diteliti nama form di pojok kiri atas akan berubah.

Nah untuk bagian pertama ini cukup sampai pembuatan formnya dulu, silahkan kunjungi BAGIAN 2 DISINI untuk melihat cara pemasangan form ini di halaman/postingan blogger kamu. Terimakasih sudah berkunjung, semoga postingannya bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post