Cara Mengetahui dan Merubah Besarnya Mouse DPI

Farihin Muhamad
1
Mouse kamu tiba-tiba bergerak terlalu jauh atau malah terlalu dekat saat digeser? Kemungkinan ada perubahan yang terjadi pada Mouse DPI kamu. Sebelum kita bahas lebih jauh kita cari tahu dulu apa sih DPI itu? DPI merupakan singkatan dari Dot Per Inch jadi makin besar DPInya maka makin sensitif pula mouse kamu dengan pergeseran (dengan asumsi pergesaran mouse yang sama bisa dikatakan semakin besar DPI maka semakin jauh kursor berpindah didalam monitor). 

Kenapa DPI bisa diatur? karena setiap orang memiliki preferensi masing-masing yang berkaitan dengan kebutuhan hardware maupun life experience pengguna, seperti contohnya jika kamu memiliki monitor berukuran besar 24 atau 32 inch maka kamu memerlukan DPI yang tinggi agar kamu tidak perlu menggeser mous beberapa kali untuk berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain.

Lantas bagaimana cara mengatur besar kecilnya DPI? Untuk sebagian mouse (terutama mouse gaming), tombol DPI berada dibelakang tombol Scroll dan biasanya ada 2 tombol (yang satu untuk mengurangi dan yang satunya untuk menambahkan - contohnya bisa kamu lihat pada gambar diatas pada postingan ini), maka untuk mendapatkan posisi DPI yang pas kamu hanya perlu menekan salah satu tombol tersebut sampai kamu merasa pas, kamu mungkin akan merasakan bahwa jika kamu menekan tombol pengurangan DPI maka mouse akan terasa seperti berat/seret pada pergerakan kursornya dan jika kamu menekan tombol penambahan maka kursor akan seperti liar dan susah dikendalikan. 

Lalu bagaimana cara utuk mengatur DPI yang tidak ada tombolnya? Caranya kamu bisa buka Control Panel -> Mouse, dan pada jendela Mouse Properties buka tab Pointer Options, lihat pada bagian atas (group Motion) ada slider DPI yang bisa kamu atur, slide ke kiri untuk mengurangi dan slide ke kanan untuk menambahkan.

Untuk mengetahui besaran pasti DPI, kamu bisa menginstalkan software bawaan mouse kamu atau jika mouse kamu tidak disertai software pendukung maka kamu bisa menggunakan Online DPI Analyzer. Kalau kamu mau tau lebih jelas boleh kunjungi situs ini.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat sehingga ini menjadi tambahan amal baik buat saya, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Post a Comment

1Comments

Post a Comment