Membuat Efek Glitch di Adobe Premiere Pro

Farihin Muhamad
1

Tau istilah "Glitch"? Iya istilah yang sering disebut-sebut di film itu lho, dan kalo anak informatika pasti familiar dengan kata yang satu ini (kalau bicara tentang algoritma yang sudah dibuat secara sempurna tapi tiba-tiba muncul setitik celah sesaat yang untraceable). Tapi kita tidak akan bahas Glitch yang itu, di artikel ini Glitch yang akan dibahas adalah efek transisi video pada Adobe Premiere Pro (untuk versi yang saya gunakan adalah CC 2015).

Glitch ini merupakan salah satu efek yang saya cukup suka karena pengerjaannya sangat simpel sekali dan tidak memerlukan proses rendering yang berat. Secara umum efek Glitch ini akan membuat transisi video, yang mana transisinya adalah memberikan efek sedikit bergoncang dan gambar yang kabur/buram/tidak jelas dalam waktu kurang lebih 1 detik saja (dengan perubahan komposisi warna jika perlu). Yang punya banyak kuota atau sedang dalam jangkauan free wifi boleh langsung tancap gas ke Youtube (saya juga belajar dari sana ko hehe), tapi yang lagi ngirit boleh lah baca artikel ini sampai habis.

1. Import video yang kamu inginkan ke timeline.
2. Zoom timeline hingga kamu bisa pindah per-1 frame.
3. Buat potongan 8 frame atau lebih (sesuai keinginan kamu).
4. Hapus beberapa potongan frame (3 atau 4 frame, contoh frame ke-1, 3, 6, 8).
5. Duplikasi frame yang tidak dihapus dan posisikan frame hasil duplikasi diatas frame asli.
6. Ubah scale (buat lebih besar atau lebih kecil)/position (rubah posisi hingga frame hasil duplikasi tidak sama dengan frame asli) frame yang baru saja di duplikasi.
7. Jika ingin menambahkan efek warna tambahkan efek RGB Curves ke dalam frame duplikasi lalu atur sesuai warna yang kamu inginkan pada frame tersebut.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Tags:

Post a Comment

1Comments

  1. wah terima kasih gan, bermanfaat sekali, singkat padat dan jelas tutorialnya wkwkwk.

    saya viyo agusti wicaksono(1722500007), kunjungi juga website kampus saya di https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
Post a Comment