Cara Melihat MAC Address

Farihin Muhamad
0

Sebelum ke cara penyelesaian tema "Melihat MAC Address" ini sebelumnya mari bahas dulu apa itu MAC Address. Media Access Control Address (MAC Address) merupakan sebuah identitas unik yang digunakan untuk mengidentifikasi network interface dalam proses komunikasi pada data link layer (dalam network segment).  MAC Address biasanya dan lumrahnya sudah di assign/ diterapkan/ditanamkan pada produk/hardwarenya (NIC) dan oleh produsen manufakturnya sudah terdata dan tertata secara rapih.

Sekarang mari kita bahas solusinya. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk melihat MAC Address antara lain:

1. Lihat pada fisik NIC-nya.
Seperti pada gambar diatas dapat dilihat MAC Address sudah tertera. Akan tetapi tidak semua NIC mencantumkan MAC Address, ada juga yang tidak, oleh karenanya jika tidak tercantum maka gunakan cara kedua di bawah ini.

2. Lihat pada sistem operasi.
Cara ini tentu saja lebih saya rekomendasikan karena tidak semua perangkat dapat dengan mudah di lihat/dibuka NIC-nya (contohnya laptop). Step by step nya adalah sebagai berikut:
a. Buka Command Prompt (CMD): Tekan tombol Window dan R, lalu ketikan cmd lali tekan enter atau klik tombol Ok.
b. Pada jendela CMD ketikan: ipconfig/all maka anda akan disuguhi banyak sekali data, untuk melihat MAC Address cari baris dengan tulisan Physical Address.
Sebagai catatan, bahwa MAC Address ini tidak mutlak dapat mengidentifikasi sebuah komputer karena sekarang sudah banyak aplikasi yang digunakan untuk generate MAC Address sehingga dengan mudah komputer akan berganti MAC Address (walau tidak permanen), yang artinya MAC Address juga dapat dipalsukan.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)