Apa Itu Intel Optane Memory

Farihin Muhamad
1

Iseng-iseng hari ini saya cek harga PC (ceritanya ada keinginan untuk beli PC lagi gitu), maka berangkatlah saya ke situs rakitan. Saat sedang asik-asinya baca spesifikasi ternyata ada tulisan ini "Intel Optane Memory M.2 : intel Intel Optane Memory 32Gb PCIe M.2 80mm Memory M.2" di list spesifikasinya, saya pun belum ngeuh (dan belum ngerti) pada awalnya apa maksud dari tulisan tersebut, soalnya di list spesifikasi RAM ada dan HDD pun ada, lantas apa "Intel Optane Memory M.2" ini? Berbekal pertanyaan tersebut akhirnya saya googling dan saya dapat pencerahan dari situs yang alamatnya saya cantumkan di akhir artikel ini.

Jadi hasil dari studi (baca artikel dan nonton video trailernya) saya menyimpulkan bahwa Intel Optane Memory adalah teknologi Memory penyimpanan (hard drive) baru yang menggabungkan antara media penyimpanan dengan processor mandiri yang terintegrasi didalam 1 device, dengan kata lain sebuah HDD yang didalamnya ada processornya. Teknologi ini didasari dari riset bahwa sebuah memory yang baik harus memiliki 3 kriteria (Fast, Dense, Non-Volatile), ambil contoh: RAM memiliki kecepatan akan tetapi sifatnya Volatile dan non-dense, SSD sifatnya volatile dan dense akan tetapi kecepatannya jauh kalah dari RAM, dari studi ini maka para pakar IT di Intel membuat sebuah konsep dan rancangan untuk menyatukan kedua sisi ini agar tercipta sebuah device baru yang lebih baik, dan akhirnya lahirlah teknologi Intel Optane.

Intel Optane didisain untuk memenuhi kebutuhan akan kecepatan akses pada data dengan kapasitas besar. Saya sendiri sering mengalami "lag" karena disk utilization yang sering mencapai 100% (walau RAM hanya terpakai 50% tetap saja lag karena HDD sedang sibung menangani request & transfer data yang besar dan intens), biasanya hal ini terjadi saat OS melakukan update (bagi yang menggunakan Win 10 pasti tidak asing dengan lag ini).


Beberapa kekurangannya antara lain harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan 2,5-inch SSD, hanya dapat digunakan dengan CPU KabyLake dan chipset 200-series, pada MB tertentu diperlukan BIOS update/upgrade.

Curhatan saja dari saya pribadi, jangankan optane technology, SSD saja yang rasanya baru terdengar beberapa tahun kebelakang belum saya jamah :-D Tapi itulah dunia TIK perkembangannya secepat kejapan mata, mau tidak mau kita harus minimal tau dulu lah walaupun belum menggunakan juga.

Mohon maaf jika interpretasi saya diatas ada yang kurang pas dan jika demikian mohon untuk dikoreksi di kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung.

Referensi:
https://www.intel.com/content/www/us/en/architecture-and-technology/intel-optane-technology.html
https://www.tweaktown.com/reviews/8157/intel-optane-memory-32gb-2-nvme-ssd-review/index.html
Tags:

Post a Comment

1Comments

Post a Comment