Lookup Excel Dengan Dua (2) Kriteria Atau Lebih (Alternatif Hlookup Vlookup)

Farihin Muhamad
0

Sebagian orang mungkin hanya mengenal Vlookup atau Hlookup saja saat mendengar kata lookup akan tetapi masih ada rumus lain yang dapat digunakan saat ingin menggunakan konsep lookup (menggunakan tabel bantu untuk mengisi tabel utama). Dari beberapa rujukan yang ditawarkan di dunia internet solusinya adalah dengan menambah kolom/baris baru untuk menampung dua kriteria yang akan digunakan, namun untuk saya hal tersebut belum menyelesaikan masalah karena saya tidak ingin menambahkan kolom/baris baru.

Ok, jadi trik yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah penggunaan INDEX dan MATCH. Dimana INDEX digunakan untuk membuat array (menyimpan nilai yang akan kita gunakan/kita tampilkan pada kolom hasil), dan MATCH digunakan untuk mencocokan kriteria yang digunakan pada tabel utama dan tabel bantu. Silahkan lihat contoh tabel dibawah ini:


Pada contoh diatas bisa dilihat bahwa untuk mengisi Harga (pada tabel utama), ada 2 kriteria yang harus digunakan yaitu Pabrikan dan Tipe. Maka tugas kita adalah meng-INDEX Harga (pada tabel bantu) dan mem-MATCH Pabrikan dan Tipe Pada tabel utama dan tabel bantu.

Jadi untuk rumus penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
=INDEX($C$12:$C$15;MATCH(A3&B3;$A$12:$A$15&$B$12:$B$15;0))

Penjelasan:
INDEX($C$12:$C$15  : Ini untuk mengarray (menyimpan nilai) hasil yang akan dimunculkan, anda cukup melakukan seleksi pada kolom Harga pada tabel bantu.
MATCH(A3&B3        : Ini untuk menyamakan kriteria pada tabel UTAMA dan BANTU, tuliskan dulu kriteria yang ada pada tabel UTAMA. Karena ada dua kriteria maka digunakan simbol "&", jika ada lebih dari 2 kriteria maka silahkan tambahkan simbol "&" sesuai kebutuhan.
$A$15&$B$12             : Ini juga untuk menyamakan kriteria pada tabel UTAMA dan BANTU, untuk ini tuliskan kriteria yang ada pada tabel BANTU, selain itu jika pada tahap sebelumnya yang digunakan hanya Cell sekarang yang digunakan adalah Cell Range (seleksi/blok selurus isi kolom yang akan disamakan). Karena ada dua kriteria maka digunakan jugasimbol "&" disini.
0))                                :  Ini digunakan untuk menjelaskan pada match bahwa yang dicari adalah nilai yang sama persis.


PENTING!!!
Selain penulisan rumus ada hal yang harus anda ingat:
1. Setelah menuliskan rumus anda HARUS menekan CTRL SHIFT ENTER secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, jangan hanya menekan tombol ENTER.
2. Pada tabel Bantu ada cell yang nampak di MERGE padahal TIDAK. Jika anda melakukan MERGE pada cell tersebut ada beberapa hasil yang akan eror. Trik yang digunakan disini adalah penggunaan FORMAT PAINTER. Silahkan merge cell lain (dimanapun asal jangan pada tabel yang akan digunakan) lalu copy formating merge cell tersebut menggunakan FORMAT PAINTER dan paste pada kolom yang dikehendaki (disini : isi dari kolom Pabrikan pada tabel Bantu).

Demikian artikel kali ini, semoga membantu.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)