Cara Mengirimkan File RAR atau ZIP di WhatsApp

Farihin Muhamad
1

Belakangan aplikasi WhatsApp sangat intens saya gunakan untuk keperluan koordinasi di pekerjaan, dan tidak jarang berkirim file pun menggunakan platform messenger yang satu ini. Akan tetapi makin kenal ternyata makin terasa kekurangannya, salah satu kekurangan yang saya rasakan adalah keterbatasan jenis file yang bisa dikirim melalui WhatsApp. Entah mengapa WhatsApp membatasi jenis file yang dikirim hanya file MS Word, MS Excel, MS PowerPNT, PDF. 

Untuk menyiasati hal ini triknya ternyata sangat sederhana, yaitu mengganti ekstesi (extention) file RAR atau ZIP yang akan dikirim dengan ekstensi file yang diterima oleh WhatsApp. Berikut tata caranya:
1. Buka file explorer di android/os anda, lalu buka lokasi penyimpanan file rar/zip yang ingin anda kirim.
2. Rename file rar/zip anda dengan ekstensi yang diterima diatas, contohnya saya rename file saya menjadi berekstensi DOCX.
3. Setelah itu buka aplikasi WhatsApp, pilih penerima  dan coba untuk mengirim file yang baru saja anda rename.

Untuk di pihak penerima juga harus melakukan hal yang sama yaitu merubah ekstensi file yang dikirim ke ekstensi awal (dari DOCX ke RAR).

Untuk membuka file RAR sendiri secara default android tidak akan bisa, oleh karenanya perlu ada aplikasi lain yang harus anda install. Akan tetapi ada beberapa HP yang sudah otomatis dapat membuka file RAR.
Tags:

Post a Comment

1Comments

Post a Comment