Cara Mengatasi xinput1_3.dll missing PES 2017

Farihin Muhamad
0

Iseng-iseng sewaktu libur lebaran kemarin saya coba install PES 2017 di laptop saya tercinta, dengan waktu penginstallan yang cukup lama kurang lebih 45 menit. Tidak ada error saat penginstallan dan proses instalasi berjalan dengan baik hingga finish, sampai akhirnya saya coba buka game ini dan warning pertama muncul.

Warning pertama ini memberitahukan bahwa video card saya tidak memenuhi syarat untuk memainkan PES 2017, yang ternyata disebabkan oleh laptop saya yang memiliki dual video card (intel hd & amd), permasalahan ini selesai setelah saya mengatur agar game ditangani langsung oleh video card amd.

Setelah itu warning kedua muncul yang memberitahukan bahwa xinput1_3.dll missing, dari judulnya yang mengandung kata x saya jadi ingat bahwa pada saat penginstallan saya men-skip proses instalasi Direct X karena sebelumnya saya sudah pernah menginstall direct x, dan benar saja asumsi saya setelah itu PES langsung memunculkan jendela untuk melakukan proses pengunduhan Direct X, file yang diunduh sekitar 90MB. Sebenarnya ada niatan untuk menginstall lagi Direct X secara mandiri namun saya lupa tempat menyimpan file instalasinya, alhasil saya unduh filenya.

Nah jadi untuk permasalahan ini tidak terlalu rumit, pokok permasalahannya ada pada Direct X.


Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)