Tau Sebelum Beli - Xiaomi Redmi 4 Prime

Farihin Muhamad
2

Puji syukur kehadirat Alloh S.W.T. sudah 7 hari berlalu setelah saya resmi meminang Redmi 4 Prime untuk menemani hari-hari saya (please don't be jealous my lovely wife :-P). Sejauh ini pengalaman yang saya rasakan dengan HH yang satu ini cukup memuaskan, 

Pertama saya melihat tipe HH ini yaitu pada saat saya mengunjungi situs tabloid pulsa dan iseng-iseng mencari HH dengan range 2 jutaan, dan salah satu hasil yang menyita perhatian saya adalah HH ini Xiaomi Redmi 4 Prime. Bagaimana saya tidak tertarik, dengan range harga 2 jutaan (saat itu pada website tertera 1,9 juta malahan) spesifikasi yang ditawarkan tidak main-main, Prcessornya Octacore 2.0Ghz, Ram 3 GB, Drive 32 GB, Kamera 13 & 5 MP,  Layar 5" full HD, jaringan 4G dan ada sensor fingerprint-nya.

Jadilah saya berniat untuk membeli HH ini dengan sebelumnya saya melakukan riset degan melihat review-review di youtube dan searching tentang kekurangan HH ini dan semua hasil menunjukan hal yang positif. Dan akhirnya dengan masih menggeluti rasa bimbang (karena sebenarnya uang ini mau saya tabung untuk modal usaha masa depan), saya memberanikan diri pergi ke salah satu konter terkenal di kota saya.

Di konter tersebut alangkah terkejutnya saya saat para pelayan konter menjelaskan perihal produk dari Xiaomi ini. Dan berikut ini saya tuliskan beberapa fakta yang perlu anda ketahui agar nantinya anda tidak menyesal dikemudian hari. Berikut ini beberapa diantaranya:

1.  Produk Xiaomi sebagian besar BELUM RESMI beredar di Indonesia (beritanya karena terkendala aturan TKDN). Dalam artian barang yang dipasarkan adalah barang dengan komposisi asli yang beredar di negara produsen, jadi seringkali tidak sesuai dengan kondisi di negara kita.
2. Produk Xiaomi sebagian besar BERGARANSI DISTRIBUTOR.
3. Garansi distributor = PRODUK TIDAK DISEGEL. Salah satu alasan kenapa tidak disegel adalah faktor penyesuaian dengan keadaan di negara kita, contohnya ROM. Produk Xiaomi ini kan aslinya berbahasa Cina jadi mau tidak mau distributor harus menggantinya dengan ROM global yang dapat dimengerti pengguna di Indonesia. Maka berhati-hatilah pada penjual yang jahil.
4. Garansi distributor = SERVICE LAMA. Saya diberitahukan jika terdapat kendala pada HH, setidaknya membuthkan waktu 3-4 bulan untuk penanggulangan dari distributor. Berbeda dengan garansi resmi yang paling lama hanya 1 bulanan saja.
3. Berkaitan dengan penyesuaian ROM maka ada beberapa fitur yang kadang kala (sering kali bahkan) yang TIDAK DAPAT DIGUNAKAN. Seperti contohnya fitur jaringan 4G LTE, ini dikarenakan perbedaan teknologi yang digunakan oleh Indonesia dan Cina dalam hal jaringan ini. Jadi HH saya pun mentok di 3G, tapi saya tidak terlalu ambil pusing karena 3G pun masih cukup buat saya.
4. Penggunaan RAM Xiaomi tergolong BOROS. Pada saat pertama kali memegang HH ini, RAM yang tersisa diangka 1,2-1,3 GB, setelah saya instalkan BBM, Whatsup, Google Drive, GMail, Opera Mini ram yang tersisa sekitar 700-800 MB. Namun kondisi ini belum menyebabkan HH lag/freeze.
5. Charger yang disertakan pada kemasan pun tidak standar, anda harus membeli sambungannya lagi agar masuk ke dalam socket listrik standar yang digunakan di kita.
6. Tidak ada head-set pada paket penjualan.
6. Sensor fingerprint hanya bisa digunakan untuk membuka kunci saja.
7. Hasil jepretan kamera sangat rentan terhadap getarang/gerakan, jadi saat pengambilan foto objek harus tidak bergerak sama sekali, karena jika bergerak sedikit saja maka hasil foto akan blur pada bagian yang bergerak.

Namun dengan fakta-fakta diatas dan juga tawaran penjaga konter yang menawarkan barang lain dengan harga yang relatif sama namun dengan fitur yang lebih SAYA TETAP MEMUTUSKAN UNTUK MEMBELI Xiaomi Redmi 4 Prime ini, tentunya dengan berbagai pertimbangan saya pribadi. Dan alhamdulillah sampai sekarang semuanya baik-baik saja alias tidak ada trouble.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Tags:

Post a Comment

2Comments

  1. New Surface Pro 5 masalah stuck di Window logo claim garansi
    http://zapplerepair.com/jasa-claim-garansi-Window-Surface-Pro-Indonesia-International.html

    ReplyDelete
Post a Comment