Manajemen Komunikasi


Pengertian Komunikasi:
KEITH DAVIS :
    1. yaitu tempat u berinteraksi sesama manusia
    2.Proses penyampaian pesan dari seseorang kepada   
       orang lain 
CARL F HOVLAN :
    yaitu suatu proses  dimana seseorang (komunikator) menyampaikan pesan (lambang atau kata2) untuk membentuk tingkah laku orang lain.
WARENT WEAVER : 
     Adalah keseluruhan prosedur dimana suatu pikiran mempengaruhi pikiran yang lain.
CH COOLY :
    Mekanisme dimana hubungan antar manusia terjadi dan berkembang yang disertai dengan lambang fikiran , alat2 penyampaiannya dan cara menjaganya melalui ruang dan waktu.

Unsur-unsur komunikasi:
1. Komunikator :    pemeri pesan (pihak yang memulai)
2. Komunikan    : pihak yang menerima  =pihak yang merupakan sasaran pesan = objek yang dituju
3. Kanal : saluran media = alat untuk menyampaikan pesan
4. Efek = akibat= hasil yang dicapai atau yang diharapkan dengan adanya pesan

Jenis-jenis komunikasi:
1. Komunikasi Perorangan  ( Individual Communication) : yaitu komunikasi yg bersifat pribadi dan cenderung lebih sederhana
2. Komunikasi Organisasi  (Organization Communication) : yaitu dilakukan oleh sekelompok orang (teamwork/ communication unit) yang mempunyai kemampuan    ( individual qualitynatau team quaity)

Sasaran Komunikasi:
- Masyarakat pada umumnya ( general public)
- Masyarakat khusus ( special public) 
- Setiap individu dari suatu grup tertentu yang sering disebut massa pendengar 

Media Komunikasi:
- Percakapan Individu (Personal Conversation) 
- Kelompok Diskusi
- Pertemuan informal 
- Telepon dan Telegraf
- Televisi dan Radio
- Surat Menyurat perorangan
- Surat kabar
- Buku, laporan dan lain2

Hambatan dalam Komunikasi:
- Pesan diseleksi oleh Pengirim sesuai Seleranya
- Penerima meyeleksi dan memperhatikan yg menarik saja
- Perbedaan sosial yg mencolok antara Penerima Pesan dan Pengirim Pesan 
- Pengirim dan Penerima sedang mengalami emosi yang berlebihan
- Saluran Berita atau  Media tidak cukup mampu mengirim pesan 
- Penerima mengabaikan petunjuk ttt
- Pengirim mengubah pesan yg disampaikan.

Komunikasi yang efektif:
- Berdasarkan prinsip bisnis dan manajemen yg sehat
- Ditentukan oleh Informasi yg terpercaya
- Menggunakan Teknik komunikasi yg memenuhi syarat
- Melibatkan orang yg lebih banyak
- Imaginatif,Inovatif dan Informatif 
- Dinamis dan berkelanjutan tetapi peka terhadap perubahan
- Ditunjang Sumber daya yg memadai
- Terdapat komunikasi dalam bidang lain terutama peasaran 
- Terdapat komunikasi dua arah
- Mengutamakan pelayanan, & tanggap terhadap kebutuhan umum ( anggotanya)


Courtesy of: ELIS LISTIANA MULYANI

Post a Comment

Previous Post Next Post