Daftar Lengkap Merk Gitar Lokal Indonesia

Farihin Muhamad
0

Kalian mungkin mengenal vendor-vendor gitar dunia semacam Ibanez, Gibson, Schecter, Fender, Jacson, dan lain-lain. Ya vendor-vendor tersebut memang merajai dan mendominasi market gitar dunia, bahkan ada beberapa yang proses pembuatan gitarnya dilakukan di Indonesia. Namun apakah kalian tahu bahwa Indonesia pun sebenarnya memiliki vendor-vendor independen yang mumpuni bahkan sudah diakui di kancah dunia? Nah pada artikel ini saya akan mencoba untuk mengenalkan vendor-vendor asli lokal tersebut, yang sampai saat artikel ini ditulis masih setia memproduksi gitar (baik akustik maupun elektrik).

Sebelum masuk ke list, saya utarakan terlebih dulu bahwa urutan penulisan bukan merupakan urutan bagus atau tidaknya, saya menyusun urutan tersebut berdasarkan alfabet. Ok sekarang silahkan lanjutkan membacanya.


Vendor yang bermarkas di Plasa Pasifik Blok. A-2 / 38, Boulevard Barat Raya Kelapa Gading Jakarta Utara ini kalau saya lihat merupakan salah satu vendor yang geliatnya cukup terlihat. Saat saya cek di toko musik daerah saya ternyata banyak sekali gitar merek ini terpampang disana. Beberapa  musisi yand diendorse pun cukup memiliki nama di kancah musik nasional, diataranya: John Paul Ivan, Adhit (Jimmu), Andre, Baken & Dena (Siksa Kubur), Edo Widiz, Icez (TRIAD)


2. Genta

Genta guitar, dengan mengusung konsep alami dan klasik, vendor yang satu ini saya nilai lebih memfokuskan pada pangsa pasar gitar akustik (namun tetap ada juga gitar elektrik yang di produksi, yang tetap dengan mengusung konsep klasik). Beberapa musisi yang digandeng oleh vendor ini antara lain: Ebenz (Burgerkill), Gatot (Rosemary), Iksan Skuter. Vendor ini bermarkas di Jl. A.H. Nasution No. 69 Km. 12,5 Bandung, Jawa Barat.


3. Radix

Dan vendor yang satu ini mungkin adalah vendor paling makmur kayaknya (menurut saya itu mah), artis-artis yang digandengnya pun pasti kalian sudah tidak asing lagi (karena sebagian besar sudah masuk label major) ada Eet Sjahranie (Edane), Edwin (Cokelat), Rama (Nidji), dan Sony (JRock).

Nama vendor yang satu ini sebenarnya adalah Russel & Rockwell dimana vendor ini tidak hanya menjual gitar saja namun menjual berbagai macam equipment musik yang dibutuhkan seperti amplifier, stombox, speaker, dan lain-lain bahkan vendor ini pun sekaligus mendirikan sekolah musik, dan yang lebih bagus lagi vendor ini sudah memiliki aplikasi katalog di android.

Didirikan tahun 2002, stranough masih aktif hingga sekarang.

Nah kalo kalian lebih tau, dan punya daftar list lainnya silahkan cantumkan di kolom comment, insyaalloh nanti saya masukan ke editing artikel.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)