Cara Merubah Groove Music Menjadi Music Player Default di Windows 10

Farihin Muhamad
0
 
Ada sedikit perubahan pengaturan default application yang diterapkan di windows 10. Salah satunya dalam hal pengaturan app windows (aplikasi bawaan windows yang salah satunya adalah Groove Music ini). Terkadang saya juga memang ingin menggunakan aplikasi lain untuk menjalankan tugas tertentu, akan tetapi sekarang saya mencoba mengoptimalkan penggunaan app default.

Setelah anda menginstall windows 10, mp3 player bawaan memang dipegang oleh Groove Music, akan tetapi setelah anda menginstall codeck pack tambahan agar anda dapat memutar jenis-jenis file media yang berbeda biasanya (jika tidak diatur) maka default aplikasi akan diubah oleh player dari codeck pack tersebut, dan inilah yang terjadi pada saya.

Berikut ini caranya agar default player kembali ke Groove Music:
1. Masuk ke SYSTEM. Pada start menu atau pada cortana ketikan "setting" (tanpa tanda kutip), lalu ketik hasil yang muncul seperti gambar di bawah ini.

2. Pada jendela Settings yang muncul, lakukan pencarian pada kotak Search di kolom pojok kanan atas yang bertuliskan Find a setting, ketikan kata "default" (tanpa tanda kutip). Lalu klik pada hasil dengan judul Default app settings.


3. Pada jendela Choose default apps anda akan melihat beberapa aplikasi yang bisa diatur, klik pada bilah Music Player, maka akan muncul jendela Choose an app (kecil) diatas bilah Music Player. Jika anda malah berkehendak menjadikan aplikasi lain sebagai aplikasi default maka anda tiggal klik saja pilihan aplikasi yang diberikan/yang ada pada daftar.

4. Kembali ke tujuan awal, saya ingin merubah default app ke Grove dan saya pastikan sebelum saya membuat tutorial ini saya tidak menemukan lokasi Groove Music ini di windows explorer, hingga akhirnya saya masuk ke setting ini. Yang harus anda siapkan adalah koneksi internet, karena anda harus memilih opsi Look for an app in the Store.
Setelah anda memilih opsi tersebut maka jendela Store akan muncul. Klik pada Grove Music, tampilan lain akan terbuka, klik tombol Buka/Open. Selesai...
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)