Uji Kompetensi Jurusan RPL - SMK PERIWATAS Tasikmalaya 2016

Farihin Muhamad
0
Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk menjadi penguji pada kegiatan Uji Kompetensi bidang keahlian/jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Periwatas Tasikmalaya. Kegiatan ini berlangsung selama dua (2) hari dengan jumlah peserta sebanyak 22 orang.

Ujian yang diberikan adalah membuat sebuah website/aplikasi yang bertemakan LOUNDRY, disini konsep databasenya sudah digambarkan pada Conceptual Data Model yang ada pada soal (soal ini diambil dari salah satu dari 3 paket yang disediakan oleh pemerintah pusat). Bahasa pemrograman yang mereka gunakan adalah PHP dengan bantuan Macromedia Dreamweaver 8 dengan database menggunakan MySQL Server. Beberapa siswa nampak cukup mahir dan lancar mengoperasikan dreamweaver namun ada juga beberapa yang terlihat seperti masih meraba-raba. Rancangan CDM pun mereka kerjakan dengan baik dengan bantuan SYBASE Power Designer. Agaknya sedikit kekurangan adik-adik ini adalah sebagian besar dari mereka belum terbiasa membuat query atau bahkan trigger, karena mereka terbiasa menggunakan bantuan dreamweaver yang menurut saya ini harus dirubah untuk kedepannya.

Dari segi kemampuan, saya boleh memberikan pujian kepada sebagian besar adik-adik jurusan RPL dari SMK Periwatas ini yang sudah mempunyai basic yang cukup baik untuk menjadi seseorang yang nantinya diharapkan menjadi sosok bertitel programmer ini. Jika ada kekurangan mungkin itu karena mereka sedang dalam tahap belajar dan saya memaklumi itu, akan tetapi jika selalu diasah, dikembangkan dan diarahkan saya rasa bakat mereka tidak akan sia-sia.

Semoga mereka menjadi bibit-bibit unggul programer di Tasikmalaya yang akan membuka dunia IT di kota Tasikmalaya khususnya.


 
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)