Kamputer Hang (Tampilan Hitam/Black Screen) Setelah Melewati Boot Screen? Ini Solusinya.

Farihin Muhamad
0
Beberaha hari kebelakang ada satu hal yang sebenarnya sudah sering saya hadapi, yaitu komputer hang setelah dihidupkan. Akan tetapi hang yang satu ini agak bandel, hang yang terjadi adalah tampilan freeze pada black sreen setelah melalui boot screen/bios overview, kursor berkedip-kedip terus pada tampilan layar yang hitam tersebut (saya berasumsi pc sedang melakukan checking boot option), ditunggu beberapa jam pun keadaan ini tidak kunjung berganti tampilannya. 

Beberapa hal sudah saya coba diantaranya mengganti boot option yang tadinya ke CD-DVD saya langsung arahkan ke HDD, bongkar pasang kabel HDD dan saya cek VGA-nya itu semuanya tidak memberikan hasil yang diinginkan.

Setelah itu saya simpulkan mungkin ada permasalah pada motherboardnya, saya pun berinisiatif untuk mengganti motherboard pc tersebut. Akan tetapi muncul sebuah keinginan untuk membersihkan pc secara keseluruhan sebagai jalan terakhir sebelum mengganti mobo, karenan saya amati keadaan pc sangat berdebu didalamnya.

Pc pun dibersihkan dari mulai casing hingga seluruh isinya (motherboard, heatsink & fan, vga, hdd, psu dan lain lain-nya) dengan menggunakan air compressor. Setelah itu saya pasang kembali semua komponennya dan alhamdulillah PC dapat kembali booting dengan sempurna (tanpa hang) bahkan prosesnya lebih cepat dari biasanya.

Terkadang suatu permasalahan pada komputer, kita sendiri yang dapat menyelesaikannya, jangan takut dan jangan enggan untuk bereksperimen. Semoga bagi anda yang membaca, postingan ini dapat membantu. Terima kasih telah berkunjung.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)