Java Programming - Pertemuan 2 (Variable, Konsep OOP Java, Class-Object, User Input)

Image from https://www.pexels.com/@antonio-batinic-2573434

Membuat Project Baru

  • Dengan menggunakan IntelliJ, untuk membuat sebuah project baru kita dapat menggunakan 2 cara, yaitu Blank project dan Project from template.
  • Blank project artinya kita tidak diberikan satu pun file java artinya kita memulai persis dari 0, sedangkan Project from template artinya kita diberikan sebuah file java sebagai starting point.


Variable

  • Variable pasti bukan kata yang asing lagi ditelinga kita, istilah/konsep ini pasti ada disetiap bahasa pemrograman dan tidak terkecuali di Java.
  • Untuk memahami konsep variable, lihat gambar di bawah ini:
  • A, B, C adalah identifier atau nama dari masing-masing lingkaran.
  • Dalam masing-masing lingkaran, kita dapat menyimpan value/nilai. 
  • Value ini sifatnya tidak tetap (dapat berubah-ubah).
  • Di Java setiap identifier harus memiliki sebuat tipe data.
  • Jadi variable dapat diartikan sebagai tempat untuk menyimpan sebuah nilai dengan tipe tertentu yang nilainya itu sendiri dapat berubah-ubah serta dapat digunakan kemudian, dan diwakili oleh sebuah nama.


Variable - CHALLENGE

  • Buat dua buah variable untuk menampung nama dan umur.
  • Isi variable dengan nama dan umur kalian.
  • Tampilkan pesan Nama saya (isi dari variable nama) dan umur saya (isi dari variable umur) tahun.


Java & OOP

  • Jika berbicara murni mengenai OOP maka ada cukup banyak materi yang harus kita bahas, seperti:
  • Class & Object
  • Inheritance
  • Polymorphism
  • Encapsulation
  • Composition
  • Namun karena pembahasan kita terbatas, maka untuk sekarang kita hanya akan membahas mengenai Class & Object


Class & Object

  • Untuk membahas class & object, asumsikan sekarang kita akan membuat sebuah sistem yang menyangkut data modil.
  • Untuk membuat sistem tersebut tentunya kita harus mengetahui karakteristik dari sebuah mobil.
  • Setiap mobil tentunya memiliki sebuah blueprint/rancangan tersendiri, blueprint itulah yang dapat dianalogikan sebagai class.
  • Setiap class yang ada harus memiliki 2 hal yaitu State (fields), dan Behaviour (method).


State:

  • model
  • warna
  • transmisi
  • statusProduksi?


Behaviour:

  • aktifProduksi()
  • stopProduksi()


Class & Object dalam IDE:

  • Kita buat class baru pada project yang sedang aktif dengan nama Mobil


Class & Object - CHALLENGE

  • Buat sebuah class baru dengan nama Mahasiswa
  • Buat 3 state (nama -> string, kelas -> string, keaktifan -> boolean) pada class tersebut
  • Buat 2 behaviour (dropOut untuk merubah keantifan menjadi false, dan aktif untuk merubah keaktifan menjadi true)
  • Pada dropOut tampilkan pesan Mahasiswa DO
  • Pada aktif tampilkan pesan Mahasiswa AKTIF
  • Buat sebuah objek dengan nama kalian sendiri, dan tentukan masing-masing statenya.
  • Tampilkan pesan dengan memanfaatkan objek baru yang sudah kalian buat dengan nama kalian sendiri.
  • Isi pesan: Mahasiswa dengan nama (nama kalian), kelas (kelas kalian), status kuliahnya (keaktifan) hingga sekarang.


User Input - CHALLENGE

  • Munculkan pesan Menghitung luas persegi panjang.
  • Lalu buat perintah agar User menginput 3 hal (nama, bil1, bil2).
  • Setelahnya munculkan pesan: NAMA, luas persegi panjang anda adalah (bil1 dikali bil2) centimeter.


TUGAS 1

  • Buat sebuah project baru dengan nama: Tugas1NamaLengkap
  • Selesaikan skenario soal berikut ini:
  • Pada Main class lakukan hal berikut:
  • Tampilkan pesan: Tugas 1 Java – Nama Lengkap
  • Inputan: Silahkan masukan nama anda:
  • Inputan: Silahkan masukan umur anda:
  • Manfaatkan Scanner untuk menerima inputan user.
  • Tampilkan pesan: NAMA INPUTAN, umur anda adalah UMUR INPUTAN, dan status pernikahan anda adalah (TRUE/FALSE dirubah dengan method).
  • Buat dan manfaatkan object dari class yang akan kalian buat pada poin berikutnya.
  • Buat class baru dengan nama NamaLengkapKalian untuk menerapkan konsep class & object.
  • Buat 3 buah state (nama lengkap, umur, status pernikahan).
  • Buat 2 behaviour untuk mengubah status pernikahan (sudah menikah / belum menikah).
  • UNTUK SETIAP NAMA VARIABLE & METHOD YANG DIBUAH HARUS DITAMBAHKAN NAMA KALIAN DIBELAKANGNYA, CONTOH: namaLengkapViolet, sudahMenikahViolet()


Untuk materi yang sudah dilengkapi dengan gambar silahkan DOWNLOAD DISINI.
Password : java2.farihinmuhamad

Post a Comment

Previous Post Next Post