Kenapa Semut Senang Masuk ke Dalam Laptop?

Beberapa tahun yang lalu ada seorang murid yang bertanya di sela-sela jam belajar, "Pak kenapa setelah beberapa hari tidak digunakan, ada banyak semut yang keluar dari laptop saya?", kurang lebih seperti itulah pertanyaannya. Sesaat saya kaget saat mendengar pertanyaan tersebut, karena materi yang sedang kami bahas saat itu adalah microsoft office, singkat cerita saya pun menjawab pertanyaan tersebut dan menyelesesaikan pembelajaran hari itu.

Nah hari ini saya akan membahas beberapa hal berkaitan dengan Kenapa Semut Senang Masuk ke Dalam Laptop? Saat saya menulis postingan ini pun kebetulan semut-semut masih silih berganti keluar dan berkeliaran di laptop saya. Bahkan dalam beberapa kali kesempatan semut-semut sempat bermukim di harddisk external saya, jadi ini bukan pengalaman pertama saya, karena hampir beberapa kali hal ini terjadi.

Semut-semut ini memang sangat membuat saya jengkel saat hinggap di peralatan saya, bagaimana tidak selain mengotori perangkat kita pun harus waspada kalau-kalau mereka dapat menyebabkan kerusakan di device kita (walaupun sepertinya selama ini device saya belum ada yang pernah rusak oleh semut). Semut-semut ini biasanya mencari tempat yang lembab/dingin dan memiliki ruang/lubang yang kecil/sulit dijangkau oleh kita, biasanya mereka menjadikan tempat tersebut sebagai sarang untuk bertelur, sehingga sudah dapat dipastikan bukan hanya 1-2 semut saja yang berkeliaran namun bisa ratusan bahkan ribuan. Peralatan seperti laptop atau harddisk external seperti yang saya sebutkan sebelumnya sudah pasti menjadi tempat yang strategis bagi semut, apalagi udara ditempat saya tinggal sekarang ini sangat lembab jadi tidak heran semut sangat menyukainya.

Tempat saya tinggal sekarang bisa saya katakan cukup bersih, namun beberapa kali saya banyak berurusan dengan semut dari mulai yang besar, sedang, hingga yang ukurannya kecil, entah mungkin karena lingkungan sekitar yang masih banyak sawah dan pepohonan atau memang ada faktor lain yang tidak saya ketahui.

Jada beberapa hal yang mungkin membuat semut suka masuk kedalam laptop antara lain:

  • Lingkungan yang lembab
  • Banyak tumpukan barang-barang
  • Banyak sisa-sisa makan diperalatan atau dekat peralatan
  • Lingkungan yang pada dasarnya sudah banyak semut
  • Peralatan jarang dipakai 
  • Peralatan disimpan di tempat yang tidak bersih

Demikian postingan kali ini, sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post