Langkah-langkah dalam Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran adalah proses yang diatur sedemikian rupa menurut langkah – langkah tertentu agar pelaksanaan mencapai hasil yang diharapkan (Nana Sudjana, 2010 : 136 ). Menurut Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2010 : 1) pelaksanaan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif, nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara pendidik dan peserta didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai dalam pelaksanaan pembelajaran, pendidik melakukan beberapa tahap pelaksanaan pembelajaran antara lain:


1. Kegiatan awal.

Kegiatan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang memungkinkan peserta didik siap secara mental untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. pada kegiatan ini pendidik harus memperhatikan dan memenuhi kebutuhan peserta didik serta menunjukan adanya kepedulian yang besar terhadap keberadaan peserta didik. Dalam membuka pelajaran pendidik biasanya membuka dengan salam dan presensi peserta didik, dan menanyakan tentang materi sebelumnya ,Tujuan membuka pelajaran adalah :

a. Menimbulkan perhatian dan memotifasi peserta didik.

b. Menginformasikan cakupan materi yang akan dipelajari dan batasan – batasan tugas yang akan dikerjakan peserta didik.

c. Memberikan gambaran mengenai metode atau pendekatan – pendekatan yang akan digunakan maupun kegiatan pembelajaran yang akn dilakukan peserta didik.

d. Melakukan apersepsi, yakni mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari.

e. Mengaitkan peristiwa aktual dengan materi baru.


2. Kegiatan Inti

Penyampaian materi pembelajaran merupakan inti dari suatu proses pelaksanaan pembelajaran. Dalam penyampaian materi pendidik menyampaikan materi berurutan dari materi yang paling mudah terlebih dahulu, untuk memaksimalkan penerimaan peserta didik terhadap materi yang disampaikan pendidik maka pendidik menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan materi dan menggunakan media sebagai alat bantu penyampaian materi pembelajaran. Tujuan penyampaian materi pembelajaran adalah :

a. Membantu peserta didik memahami dengan jelas semua permasalahan dalam kegiatan pembelajaran.

b. Membantu peserta didik untuk memahami suatu konsep atau dalil.

c. Melibatkan peserta didik untuk berpikir

d. Memahami tingkat pemahaman peserta didik dalam menerima pembelajaran.


3. Kegiatan Penutup

Kegiatan menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan pendidik untuk mengakhiri kegiatan inti pembelajaran. Dalam kegiatan ini pendidik melakukan evaluasi terhadap materi yang telah disampaikan. Tujuan kegiatan menutup pelajaran adalah :

a. Mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam mempelajari materi pembelajaran.

b. Mengetahui tingkat keberhasilan pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

c. Membuat rantai kompetensi antara materi sekarang dengan materi yang akan datang.


Berdasarkan beberapa pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran adalah berlangsungnya proses interaksi peserta didik dengan pendidik pada suatu lingkungan belajar.


SUMBER: ROADMAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA LKP (PRODUKSI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NON FORMAL DAN INFORMAL REGIONAL (PP PAUDNI) REGIONAL II SEMARANG TAHUN 2015)

Post a Comment

Previous Post Next Post