Download Materi Sequence Diagram Object Oriented Analysis and Design

Farihin Muhamad
0


Sequence diagram menggambarkan interaksi antar object (class) dalam sofware pada suatu sekuensial waktu. Interaksi object (class) berdasarkan alur proses bekerjanya software, dimana interaksi tersebut menggambarkan pesan yang dikirimkan secara sekuensial antara object (class). Garis vertikal (lifeline) menunjukkan object (class), garis horizontal menunjukkan pesan yang mengalir antara object (class) tersebut. Sequence diagram adalah alat komunikasi System Analyst dengan Programmer, menggambarkan alur proses bekerjanya software sekaligus dengan komposisi software akan seperti apa. 

Sequence Diagram dibuat untuk setiap Use Case yang dibuat. Dimulai dari menarik Actor yang ada di Use Case Diagram, dilanjutkan dengan membuat sequence detail dari alur proses berjalannya Use Case dengan message yang mengalir didalamnya. Catatan: Objek dari Lifeline di Sequence Diagram akan menjadi kandidat Class. Sequence diagram dapat menggambarkan keberhasilan interaksi antara class atau instance objek dari waktu ke waktu. Sequence diagram sering digunakan untuk mengilustrasikan proses yang digambarkan dalam skenario use case.

Pada prakteknya Sequence diagram diperoleh dari turunan analisis use case dan digunakan pada desain sistem untuk mendapatkan interactions, relationships, dan methods dari objek dalam sistem. Sequence diagram digunakan juga untuk memperlihatkan pola activities atau interactions di dalam use case. Setiap skenario use case bisa dibuatkan satu sequence diagram, walaupun demikian sequence diagram tidak perlu digambarkan pada skenario yang kurang penting. Dari contoh penggambaran sequence diagram diatas kita dapat meliat beberapa hal berikut:
  • Actor dan class atau object dituliskan dalam sebuah persegi panjang yang diletakan dibagian atas diagram. 
  • Pada bagian paling kiri diagram merupakan awal dari sequence diagram yang biasanya adalah orang yang merupakan actor dalam use case. 
  • Beberapa interaksi yang digambarkan biasanya bentuknya interaksi fisik seperti menandatangani kontrak misalnya.
  • Garis veritkal mereepresentasikan lifeline untuk class atau object, yang mana menunjukan waktu dibuat dan diakhirinya.
  • Simbol X pada bagian bawah lifeline merepresentasikan kapan objek diakhiri. 
  • Garis panah horizontal menunjukan message atau signal yang dikirim antar class.
  • Message dimiliki oleh class yang menerimanya. Ada beberapa vasiasi pada paah yang menunjukan message.
  • Ujung panah yang tertutup merepresentasikan synchronous calls (panah ini yang paling sering digunakan). Panah ini digunakan saat class yang mengirim message menunggu respon dari class yang akan menerima message, dan control akan dikembalikan ke class yang mengirim message saat class yang menerima message selesai mengeksekusi.
  • Ujung panah yang terbuka atau setengah merepresentasikan asynchronous calls, atau pengiriman message yang tidak  mengharapkan control kembali ke class pengirim. 
Boundary : Class yang berinteraksi dengan aktor langsung (user interface) Form, input, UI, dsb
Control : Class yang berhubungan dengan pemrosesan, penghitungan, kalkulasi, komputasi, query, dst
Entity : Class yang berhubungan dengan data, penyimpanan data/file

Contoh Sequence diagram diatas menunjukan sebuah ilustrasi Login Estudent yang dilakukan oleh mahasiswa. 
Mahasiswa mengakses portal e-student lalu mendapati sebuah tampilan UI (yang termasuk kedalam object class LoginEstudent) yang mengharuskan mahasiswa untuk mengisikan username dan password miliknya. 
Setelah mahasiswa mengisi username dan password (dan menekan tombol log in) kemudian object class ValidasiLogin melakukan pemeriksaan apakah username dan password yang dimasukan terdaftar dan cocok.
Untuk melakukan validasi maka object class Login dibutuhkan sebagai data acuan untuk membandingkan data yang diinputkan dengan data yang ada pada database.
Setelah proses validasi selesai maka, jika username dan password valid mahasiswa akan disuguhi menu utama dan jika tidak valid maka akan dimunculkan pesan error.

Untuk mendownload materinya yang sudah disertai dengan gambar beserta contoh permasalahan dan jawabannya silahkan kunjungi LINK INI.

Password: sequence.farihinmuhamad

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)