Download Materi Activity Diagram Object Oriented Analysis and Design

Farihin Muhamad
0


Activity diagram menunjukan urutan aktivitas dalam sebuah proses termasuk didalamnya aktivitas yang berurutan atau aktivitas yang pararel, dan keputusan-keputusan yang dibuat. Sebuah activity diagram biasannya dibuat untuk sebuah use case dan mungkin memiliki beberapa sekenario. 

  • Simbol panah merepresentasikan sebuah event. 
  • Sebuah event merepresentasikan hal yang terjadi pada waktu & tempat tertentu.
  • Simbol diamond merepresentasikan baik itu decision ataupun merge.
  • Sebuah decision memiliki satu panah masuk dan beberapa panah keluar.
  • Dalam sebuah decision dapat disertakan/diperlihatkan condition.
  • Sebuah merge dapat menunjukan beberapa event yang bergabung menjadi satu event.
  • Garis persegi panjang yang berwana hitam disebut synchronization bar. 
  • Fork adalah synchronization bar yang dimasuki satu event dan mengeluarkan beberapa event, yang digunakan untuk menunjukan parallel activities.
  • Join adalah synchronization bar yang dimasuki beberapa event dan mengeluarkan satu event saja. 
  • Ada dua symbol yang digunakan untuk menunjukan awal dan akhir activity diagram, Initial state (awal) digambarkan dengan lingkaran hitam kecil dan Final state (akhir) digambarkan dengan lingkaran hitam yang dilingkari garis hiram. 
  • Persegi panjang yang mengelilingi symbol disebut swimlane, yang mana mengindikasikan partitioning dan digunakan untuk menunjukan aktivitas mana yang dilakukan pada platform mana (contoh: internet browser, server, atau mainframecomputer); atau untuk menunjukan activities yang dilakukan oleh grup lain.

Contoh Activity diagram diatas menunjukan sebuah ilustrasi pebuahan informasi data siswa pada sebuah sistem. Diagram diawali dengan siswa melukan  log on kedalam sistem dengan mengisi sebuah Web form (form log in) lalu mensubmitnya. Data ditransmisikan ke Web server yang seterusnya mentransferkan data ke mainframe computer. Mainframe komputer kemudian mengakses database siswa untuk kemudian memberikan notifikasi “Not Found” ataupun memunculkan data siswa yang kemudian ditampilkan Web server. Simbol diamond yang berada dibawah Activity Get Student Record mengindikasikan adanya decision. Jika record data siswa tidak ditemukan maka Web server akan menampilkan pesan error pada Web page. Dan jika data record siswa ditemukan, maka Web server akan menunjukan format Web page yang berisi data siswa terkini dalam sebuah Web form. Selanjutnya, siswa dapat membatalkan perubahan data atau bahkan tidak jadi melihat data (dari awal activity Logon System) sehingga sistem terhenti (activity diagram berakhir). Namun jika siswa melakukan perubahan pada Web form mensubmitnya, maka data akan ditransmisikan ke mainframe komputer dan validasi data pun dilakukan.  Jika ada inputan yang error atau ada data yang tidak sesuai maka pesan error kembali dikirimkan ke Web page.  Dan jika datanya valid maka data record siswa akan diupdate. Setelah proses validasi maka pesan konfirmasi keberhasilan update data akan dikirimkan ke Web page activity diagram berakhir.

Untuk mendownload materinya yang sudah disertai dengan gambar beserta contoh permasalahan dan jawabannya silahkan kunjungi LINK INI.

Password: activity.farihinmuhamad

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)